Menlu Retno Yakin China Gunakan Pengaruhnya Cegah Eskalasi Konflik di Timur Tengah

Menlu Retno Yakin China Gunakan Pengaruhnya Cegah Eskalasi Konflik di Timur Tengah

Terkini | inews | Kamis, 18 April 2024 - 13:13
share

JAKARTA, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi meyakini China akan menggunakan pengaruhnya untuk mencegah eskalasi konflik di Timur Tengah. Situasi di Timur Tengah tengah memanas usai Iran melancarkan serangan drone dan rudal ke Israel.

"Kunjungan Menteri Luar Negeri dilakukan di tengah kita semua memiliki kekhawatiran akan situasi yang berkembang di Timur Tengah," kata Retno usai bertemu Menlu China Wang Yi di Gedung Nusantara, Kementerian Luar Negeri (Kemlu), Jakarta Pusat, Kamis (18/4/2024).

Retno menilai China memiliki pandangan yang sama dengan Indonesia terkait pentingnya menahan diri agar konflik lebih besar tidak pecah di Timur Tengah.

"Kita memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya semua pihak menahan diri dan pentingnya untuk de-eskalasi. Saya menjelaskan mengenai upaya diplomatik yang dilakukan Indonesia sejauh ini, dan saya yakin RRT (China) akan menggunakan pengaruhnya guna mencegah terjadinya eskalasi,” ujarnya.

Dia menegaskan Indonesia dan China sepakat mendorong gencatan senjata di Gaza akibat perang Palestina dan Israel. Menurut dia, two state solution atau solusi dua negara harus dilakukan untuk menyelesaikan konflik antarkedua negara.

“Kita memiliki pandangan yang sama mengenai pentingnya gencatan senjata di Gaza dan penyelesaian masalah Palestina secara adil, melalui two state solution,” ujarnya.

Selain itu, Retno mengatakan Indonesia dan China mendukung penuh keanggotaan Palestina di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). 

"Indonesia akan mendukung keanggotaan penuh Palestina di PBB. Stabilitas Timur Tengah tidak akan terwujud tanpa isu penyelesaian isu Palestina," tutur dia.

Topik Menarik