Kartu Merah Ramadhan Sananta Dicek VAR tapi Ivar Jenner Tidak, Ini Alasannya

Kartu Merah Ramadhan Sananta Dicek VAR tapi Ivar Jenner Tidak, Ini Alasannya

Olahraga | inews | Selasa, 16 April 2024 - 19:03
share

DOHA, iNews.id - Alasan kartu merah Ramadhan Sananta dicek VAR tapi Ivar Jenner tidak menjadi tanya besar di kalangan pencinta sepak bola Tanah Air. Artikel di bawah ini akan menjelaskan hal tersebut.

Timnas Indonesia U-23 bersua tuan rumah Qatar pada matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024, Senin (15/4/2024) malam WIB. Garuda Muda tumbang dengan skor 0-2.

Gawang Timnas Indonesia U-23 kawalan Ernando Ari kebobolan lewat gol penalti yang dicetak Khalid Ali Sabah (45+1’) dan tendangan bebas Ahmed Alrawi (54’). Usai laga wasit Nasrullo Kabirov menjadi sorotan usai memberikan kartu merah untuk Sananta dan Jenner.

Komentar monohok Ivar Jenner usai dikartu merah saat Indonesia U-23 vs Qatar (Foto: IST)

Jenner yang lebih dulu diusir keluar lapangan menit ke-46 usai mendapat kartu kuning kedua. Pemain FC Utrecht itu dianggap melanggar Saif Hassan.

Padahal dalam tayangan ulang, kontak yang dilakukan Jenner kepada Saif sangat minim. Jenner sempat melayangkan protes sebelum meninggalkan lapangan.

Tapi wasit enggan mengecek VAR dan tetap bertahan dengan keputusannya. Jenner akhirnya meninggalkan lapangan sambil menggelengkan kepala dan tersenyum sinis.

Jelang bubaran giliran Sananta yang dapat kartu merah. Pemain Persis Solo itu dianggap melanggar Mohammed Aiash dari belakang.

Wasit Kabirov awalnya memberikan kartu kuning untuk Sananta. Namun dia mengecek VAR lantaran menilai ada kemungkinan kartu merah langsung.

Setelah ditinjau, Kabirov mengubah keputusannya dan menganggap Sananta melakukan pelanggaran keras karena menjegal kaki Aiash dari belakang. Dia pun memberikan kartu merah untuk striker Timnas Indonesia U-23 itu.

Timbul pertanyaan kenapa saat kartu merah Iver Jenner wasit tak mengecek VAR?

Wasit Nasrullo Kabirov memberi kartu merah kepada gelandang Indonesia Ivar Jenner saat melawan Qatar pada Piala Asia U-23 2024 di Jassim bin Haman Stadium, Senin (15/3/2024) malam. (Foto: PSSI)
Wasit Nasrullo Kabirov memberi kartu merah kepada gelandang Indonesia Ivar Jenner saat melawan Qatar pada Piala Asia U-23 2024 di Jassim bin Haman Stadium, Senin (15/3/2024) malam. (Foto: PSSI)

Beradasarkan regulasi, VAR hanya bisa digunakan saat empat situasi yakni gol atau tidak gol, kartu merah atau tidak kartu merah, penalti atau tidak penalti, dan kesalahan pengambilan keputusan.
 
Sedangkan kasus Jenner tidak termasuk di dalamnya. Pemberian kartu kuning kedua tidak bisa ditinjau VAR menurut peraturan resmi FIFA.

Jenis insiden yang bisa dicek VAR:

1. Penentuan sah atau tidaknya sebuah gol
2. Penentuan penalti atau tidak
3. Penentuan kartu merah langsung atau tidak (bukan situasi kartu kuning kedua)
4. Kesalahan identitas (memberi hukuman pada pemain yang salah)

Topik Menarik