Hubble Tangkap Galaksi Terang di Balik Nebula Gelap, Begini Penampakannya

Hubble Tangkap Galaksi Terang di Balik Nebula Gelap, Begini Penampakannya

Terkini | inews | Selasa, 16 April 2024 - 06:01
share

JAKARTA, iNews.id - Gambar baru dari teleskop luar angkasa Hubble menunjukkan galaksi yang sebagian tersembunyi oleh awan debu besar. Ini dikenal sebagai nebula gelap.

Galaksi IC 4633 masih bersinar terang dan cantik dalam bagian utama gambar. Tapi, di bawah kanan, Anda bisa melihat debu noda gelap yang memblokir cahaya dari bagian galaksi.

Diambil menggunakan instrumen Hubble Advanced Camera for Surveys (ACS), gambar menggabungkan data dari instrumen DECam pada teleskop 4 meter Victor M. Blanco, yang berlokasi di Chili, sebagaimana dikutip dari Digital Trends.

Dengan menggabungkan data dari Hubble yang berbasis di luar angkasa dan DECam yang berbasis di darat, para astronom dapat melihat lebih dekat galaksi ini, yang terletak 100 juta tahun cahaya jauhnya, dan sebagian debu gelap menutupinya.

Ini adalah galaksi yang ramai dan sibuk, dengan pembentukan bintang yang kuat dan pusat terang yang disebut inti galaksi aktif. Berkat orientasinya yang relatif terhadap Bumi, dapat terlihat bentuk spiral yang anggun.

Galaksi spiral cenderung simetris, sehingga dapat mengetahui bagian kanan bawah galaksi tertutup oleh sesuatu karena bintangnya jauh lebih redup dibandingkan bagian lainnya.

Awan debu yang menghalangi pandangan adalah bagian dari wilayah pembentuk bintang yang disebut Chamaeleon, dan jaraknya jauh lebih dekat dibandingkan galaksi yang dihalanginya. Hanya berjarak 500 tahun cahaya, nebula gelap ini jauh lebih dekat ke Bumi dibanding galaksi.

Topik Menarik