Israel Gempur Suriah, 38 Orang Tewas termasuk Tentara 

Israel Gempur Suriah, 38 Orang Tewas termasuk Tentara 

Terkini | inews | Jum'at, 29 Maret 2024 - 11:11
share

KAIRO, iNews.id - Serangan Israel ke Kota Aleppo, Suriah, Jumat (29/3/2024) pagi, menewaskan setidaknya 38 orang. Lima korban di antaranya anggota kelompok Hizbullah Lebanon.

Kementerian Pertahanan Suriah sebelumnya menyatakan, sejumlah warga sipil dan personel militer tewas dalam serangan Israel dan kelompok militan di Aleppo.

Serangan udara Israel yang berlangsung pukul 01.45 waktu setempat itu menargetkan beberapa lokasi di perdesaan Aleppo. Hanya saja serangan terjadi bersamaan dengan datangnya drone dari arah Idlib dan perdesaan barat Aleppo. Menurut Kementerian Pertahanan Suriah, drone itu milik organisasi teroris untuk menargetkan warga sipil Aleppo dan sekitarnya.

Kementerian tidak menyebutkan secara rinci berapa korban akibat serangan Israel dan kelompok militan.

“Agresi tersebut mengakibatkan kematian dan luka sejumlah warga sipil dan personel militer serta menyebabkan kerugian material terhadap properti publik dan pribadi,” bunyi pernyataan kementerian, dikutip dari Reuters.

Sejak serangan lintas batas Hamas pada 7 Oktober, Israel meningkatkan gempuran terhadap basis milisi di Suriah yang didukung Iran. Rudal tersebut juga menyerang sistem pertahanan udara Suriah serta pasukannya.

Kelompok bersenjata yang didukung Iran, termasuk Hizbullah, kini menguasai wilayah luas di Suriah timur, selatan, dan barat laut serta di beberapa pinggiran kota sekitar Ibu Kota Damaskus.

Topik Menarik