XL Axiata Operasikan Jaringan Backbone Gorontalo-Palu, Perkuat Infrastruktur yang Ada di Sulawesi

XL Axiata Operasikan Jaringan Backbone Gorontalo-Palu, Perkuat Infrastruktur yang Ada di Sulawesi

Terkini | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 17:28
share

JAKARTA, iNews.id - XL Axiata meresmikan jaringan backbone fiber optic jalur Gorontalo-Palu untuk melayani lonjakan trafik seluler di Sulawesi. Pengoperasian backbone ini juga untuk mendukung layanan internet di rumah.

XL Axiata bekerja sama dengan PT Alita Praya Mitra dalam membangun jaringan tulang punggung Gorontalo-Palu. Direktur & Chief Technologi Officer (CTO) XL Axiata I Gede Darmayusa dan Direktur Utama PT Alita Praya Mitra, Teguh Prasetya meninjau ke lokasi.

Jaringan backbone Gorontalo Palu yang menghubungkan dua provinsi di Sulawesi ini mulai dibangun pada 2023. Jaringan ini memiliki keunggulan untuk memberikan proteksi guna memenuhi semua kebutuhan kapasitas dan meningkatkan kehandalan yang dibutuhkan oleh Masyarakat di Sulawesi.


"Sangat penting keberadaan akses internet yang merata di Indonesia dalam mendukung program inklusi akses internet. Di era serba digital ini, penyediaan infrastruktur penunjang layanan digital menjadi sangat urgen untuk dibangun hingga ke pelosok daerah agar kualitas layanan ke masyarakat juga maksimal. XL Axiata berkomitmen untuk memberikan layanan telekomunikasi yang terbaik bagi pelanggannya, salah satunya dengan jaringan backbone lintas provinsi sepanjang 1.150 km dari Kabupaten Gorontalo hingga ke Palu di Sulawesi Tengah," kata I Gede Darmayusa.

Keberadaan backbone jaringan fiber optic Gorontalo Palu, kata Gede akan memperkuat infrastruktur jaringan yang sudah ada di Sulawesi, termasuk kebutuhan perluasan ke area baru. Saat ini XL Axiata telah memiliki jaringan backbone di Sulawesi total sepanjang lebih dari 10 ribu km.

Jaringan tersebut menopang lebih dari 9.800 BTS, termasuk lebih dari 6.400 BTS 4G di seluruh Sulawesi, di mana XL Axiata melayani total lebih dari 2.4 juta pelanggan. Sementara itu, di seluruh Indonesia, XL Axiata memiliki jaringan backbone sepanjang total lebih dari159 ribu km.

Topik Menarik