Momen Kuasa Hukum KPU Ditegur Ketua MK gegara Puji Hasyim Asy'ari di Sidang PHPU

Momen Kuasa Hukum KPU Ditegur Ketua MK gegara Puji Hasyim Asy'ari di Sidang PHPU

Terkini | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 15:30
share

JAKARTA, iNews.id - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Suhartoyo menegur kuasa hukum Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hifdzil Alim. Momen itu terjadi di tengah sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU), Kamis (28/3/2024).

Awalnya Hifdzil Alim membacakan bantahan atas permohonan kubu Ganjar Pranowo dan Mahfud MD terkait dugaan nepotisme. Hifdzil menyebut pelanggaran itu masuk ke ranah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bukan MK.

Hifdzil juga membantah dugaan dari pemohon yang menyatakan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) melindungi Ketua KPU Hasyim Asyari. Dia memaparkan, pelanggaran Ketua KPU justru lebih banyak terjadi pada penyelenggaraan pemilu sebelumnya.

Faktanya bila dibandingkan dengan KPU sebelumnya, pelanggaran terhadap Ketua KPU lebih banyak pada periode yang lalu, ujarnya.

Menurut dia, Hasyim tetap melaksanakan pemilu dengan akuntabilitas yang terjaga. Dia kemudian memuji Hasyim.

Intinya adalah meskipun disebut bolak balik, Ketua KPU Hasyim Asyari, pemilu tetap terlaksana dan akuntabilitas penyelenggaraan pemilu tetap terjaga. Hebat sekali berarti Pak Hasyim, ucap dia.

Ketua MK Suhartoyo kemudian menegur Hifdzil. Dia meminta Hifdzil hanya membacakan apa yang tertulis.

Yang tertulis yang dibacakan. Jangan ditambah-tambah begitu, ucap Suhartoyo.

Mendengar teguran itu, Hifdzil kemudian terlihat tersenyum. Dia tampak menerima teguran itu dan kembali membacakan keterangan dari KPU.

Siap Yang Mulia, kata Hifdzil.

Topik Menarik