Lionel Messi Bicarakan Rencana Pensiun, Kapan?

Lionel Messi Bicarakan Rencana Pensiun, Kapan?

Olahraga | inews | Kamis, 28 Maret 2024 - 15:11
share

FLORIDA, iNews.id Kapten Timnas Argentina Lionel Messi berbicara soal rencana pensiun hingga apa yang dilakukannya setelah gantung sepatu. Megabintang berjuluk La Pulga itu mengatakan, usia tidak akan menjadi penentu dirinya untuk memutuskan pensiun.

Lionel Messi saat ini akan memasuki usia 37 tahun pada 24 Juni 2024 mendatang. Mantan bintang Barcelona itu bisa dikatakan sudah ada di ambang akhir karier sebagai pemain profesional.

Meski begitu, Messi masih menjadi andalan Inter Miami. Pada musim pertamanya, La Pulga bahkan mampu mengantar Inter Miami juara Piala Liga Amerika Serikat 2023.

Megabintang Inter Miami Lionel Messi berusaha melewati dua hadangan pemain Real Salt Lake dalam lanjutan Liga Amerika Serikat 2023-2024 di Chase Stadium, Kamis (22/2/2024) siang WIB. (Foto: REUTERS)
Megabintang Inter Miami Lionel Messi berusaha melewati dua hadangan pemain Real Salt Lake dalam lanjutan Liga Amerika Serikat 2023-2024 di Chase Stadium, Kamis (22/2/2024) siang WIB. (Foto: REUTERS)

Namun, akhir-akhir ini Messi sering dicadangkan karena kondisi kurang fit atau cedera. Memasuki usia senja dalam sepak bola, situasi yang dialami Messi terasa wajar. Akan tetapi, dia mengaku belum terpikirkan untuk pensiun.

Saya tahu saat itu (saat pensiun) saya merasa tidak lagi tampil, saya tidak lagi menikmatinya atau membantu rekan satu tim saya (saya akan pensiun), kata Messi kepada Podcast Big Time, dilansir dari Reuters, Kamis (28/3/2024).

Messi mengatakan usia tidak akan menjadi patokan dirinya untuk gantung sepatu, melainkan performa individu. La Pulga menegaskan akan terus bermain sepak bola andai kondisi dan performanya stabil.

"Saya sangat kritis terhadap diri sendiri. Saya tahu kapan saya bermain bagus, kapan tidak, kapan saya bermain bagus dan kapan saya bermain buruk. Ketika saya merasa sudah waktunya untuk mengambil langkah itu (pensiun), saya akan melakukannya tanpa memikirkan usia, ujar Messi.

Jika saya merasa baik, saya akan mencoba untuk terus berkompetisi karena itulah yang saya sukai dan apa yang saya tahu bagaimana melakukannya, tuturnya.

Lebih lanjut, Messi juga mengakui belum mempunyai rencana matang setelah pensiun bermain sepak bola. Meski begitu, pemilik delapan gelar Ballon dOr itu meyakini akan ada rencana yang matang setelah pensiun nanti.

"Saya belum memikirkannya. Untuk saat ini, saya mencoba menikmati setiap hari, setiap momen, tanpa memikirkan masa depan. Saya belum punya kejelasan apa pun," kata Messi.

"Saya berharap untuk terus bermain lebih lama lagi, karena itulah yang saya nikmati. Ketika saatnya tiba, saya pasti akan menemukan jalan menuju apa yang memuaskan saya dan apa yang saya sukai, serta peran baru, ucapnya.

Topik Menarik