Jaksa ICC Mulai Interogasi Staf RS Gaza Soal Indikasi Kejahatan Perang Israel di Jalur Gaza

Jaksa ICC Mulai Interogasi Staf RS Gaza Soal Indikasi Kejahatan Perang Israel di Jalur Gaza

Global | okezone | Selasa, 30 April 2024 - 17:32
share

DEN HAAG - Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) telah mewawancarai staf dari dua rumah sakit (RS) terbesar di Gaza. Dua sumber mengatakan kepada Reuters bahwa ini menjadi konfirmasi pertama bahwa penyelidik ICC sedang berbicara dengan petugas medis tentang kemungkinan kejahatan perang yang dilakukan Israel di Jalur Gaza.

Sumber tersebut, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena sensitifnya masalah tersebut, mengatakan kepada Reuters bahwa para penyelidik ICC telah mengambil kesaksian dari staf yang pernah bekerja di rumah sakit utama di Kota Gaza di utara daerah kantong tersebut, Al Shifa, dan rumah sakit utama di Khan Younis di selatan, Nasser.

Sumber tersebut menolak memberikan rincian lebih lanjut, dengan alasan kekhawatiran tentang keselamatan calon saksi.

Salah satu sumber mengatakan bahwa kejadian di sekitar rumah sakit dapat menjadi bagian dari penyelidikan ICC, yang menyidangkan kasus pidana terhadap individu atas kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan, genosida dan agresi.

Kantor kejaksaan ICC menolak mengomentari masalah operasional dalam penyelidikan yang sedang berlangsung dengan alasan perlunya menjamin keselamatan korban dan saksi.

ICC mengatakan pihaknya sedang menyelidiki kedua pihak dalam konflik tersebut, termasuk serangan pejuang Hamas pada 7 Oktober terhadap Israel dan serangan Israel berikutnya di Gaza.

Selama konflik, dua rumah sakit utama di Gaza telah menjadi sasaran utama Israel yang dikepung dan diserbu oleh pasukan Israel. Israel menuduh militan Hamas menggunakan rumah sakit tersebut untuk tujuan militer, namun hal ini dibantah oleh Hamas dan staf medis.

Topik Menarik