Demo Pro-Palestina Menyebar di Kampus-kampus AS Bikin PM Israel Ngeri

Demo Pro-Palestina Menyebar di Kampus-kampus AS Bikin PM Israel Ngeri

Berita Utama | sindonews | Kamis, 25 April 2024 - 11:00
share

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu merasa ngeri dengan demo atau protes pro-Palestina yang menyebar di kampus-kampus Amerika Serikat (AS).

Dia mengatakan masih banyak yang harus dilakukan untuk menghentikan protes tersebut, yang menyebar luas dalam beberapa pekan terakhir.

“Apa yang terjadi di kampus-kampus Amerika sungguh mengerikan,” katanya dalam sebuah rekaman pernyataan hari Rabu, sambil menuduh “gerombolan antisemitisme” mengambil alih universitas-universitas terkemuka.

Baca Juga: Jamaika, Negaranya Bob Marley, Resmi Mengakui Palestina Sebagai Negara

"Ini tidak masuk akal. Harus dihentikan. Harus dikecam dan dikutuk dengan tegas," ujarnya, seperti dikutip Reuters, Kamis (25/4/2024).

"Tanggapan dari beberapa rektor universitas sangat memalukan. Sekarang, untungnya, pejabat negara bagian, lokal, dan federal, banyak dari mereka yang memberikan tanggapan berbeda tetapi harus ada lebih banyak tindakan. Lebih banyak yang harus dilakukan," paparnya.

Protes atas tindakan Israel di Gaza telah meningkat di kampus-kampus AS dalam beberapa pekan terakhir, dengan perang Gaza yang kini memasuki bulan ketujuh.

Pengunjuk rasa pro-Palestina menyerukan gencatan senjata dan meminta universitas-universitas mereka melakukan divestasi dari perusahaan-perusahaan yang memiliki hubungan dengan Israel.

Lusinan mahasiswa telah di-doxxed, diskors oleh universitas dan ditangkap oleh polisi.

Beberapa mahasiswa dan dosen Yahudi dan Israel mengatakan protes tersebut telah mengubah universitas menjadi lingkungan yang tidak bersahabat dan membuat mereka merasa terancam.

Beberapa melaporkan peningkatan antisemitisme di kampus. Beberapa orang Yahudi juga memainkan peran vokal dalam protes anti-perang, termasuk kelompok seperti Jewish Voice for Peace, yang memimpin beberapa demonstrasi.

Pada 7 Oktober 2023, Hamas memimpin serangan terhadap komunitas Israel selatan yang menewaskan 1.200 orang dan 253 orang disandera, menurut penghitungan Israel.

Israel sejak itu telah membunuh lebih dari 34.000 warga Palestina dalam serangan yang sedang berlangsung di Jalur Gaza yang diblokade, dan ribuan orang dikhawatirkan terkubur di bawah reruntuhan, menurut pihak berwenang Gaza.

Serangan Israel telah menghancurkan sebagian besar wilayah kantong tersebut, menyebabkan sebagian besar dari 2,3 juta penduduknya mengungsi dan menciptakan krisis kemanusiaan.

Topik Menarik