AS Minta Bantuan China dan G7 untuk Hentikan Iran Ekspor Minyak

AS Minta Bantuan China dan G7 untuk Hentikan Iran Ekspor Minyak

Global | okezone | Rabu, 17 April 2024 - 09:44
share

NEW YORK - Seorang pejabat senior Departemen Keuangan (Depkeu) Amerika Serikat (AS) mengatakan kepada wartawan bahwa Departemen Keuangan berupaya meminta bantuan dari Tiongkok atau China , mitra G7 , dan pemasok global utama lainnya untuk mengikis kemampuan Iran untuk terus mengekspor minyak dan mendapatkan mikroelektronik yang dibutuhkan untuk drone yang digunakan untuk menyerang Israel dan menjualnya ke Rusia .

Pejabat tersebut mengatakan lonjakan harga minyak terutama didorong oleh ketidakpastian geopolitik, bukan sanksi AS, dan mencatat bahwa sanksi di masa lalu tidak menyebabkan kenaikan harga minyak.

Kami akan melakukan pembicaraan dengan semua pemasok utama di seluruh dunia. Termasuk negara-negara di G7; termasuk Tiongkok. Semua negara ini harus berperan dalam membatasi kemampuan Iran untuk mendapatkan akses terhadap barang-barang yang mereka gunakan. membuat senjata," kata pejabat itu, dikutip Reuters.

Seperti diketahui, Menteri Keuangan AS Janet Yellen pada Selasa (16/4/2024) memperingatkan bahwa AS akan segera menjatuhkan sanksi baru kepada Iran dalam beberapa hari mendatang atas serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap Israel, dan tindakan ini dapat mengurangi kapasitas Iran untuk mengekspor minyak.

Sehubungan dengan sanksi, saya sepenuhnya berharap bahwa kami akan mengambil tindakan sanksi tambahan terhadap Iran dalam beberapa hari mendatang, kata Yellen dalam konferensi pers di sela-sela pertemuan musim semi Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia di Washington, dikutip Reuters.

Topik Menarik