Tidak dalam Kondisi Perang, tapi Kota di Australia Justru Terapkan Jam Malam, Mengapa?

Tidak dalam Kondisi Perang, tapi Kota di Australia Justru Terapkan Jam Malam, Mengapa?

Global | sindonews | Sabtu, 30 Maret 2024 - 17:22
share

Emosi memuncak di kota Alice Springs, Australia , minggu ini ketika para pelayat yang menghadiri pemakaman seorang pria berusia 18 tahun menyerang pub tertua di sana, memecahkan jendela dan menendang pintu.

Bagi para pejabat Northern Territory, kekerasan yang terjadi pada hari Selasa dan bentrokan malam itu yang melibatkan sekitar 150 orang bersenjatakan kapak, parang, dan pisau merupakan pukulan terakhir.

Cukup sudah, kata Ketua Menteri Eva Lawler pada hari Rabu, saat dia mengumumkan jam malam dua minggu untuk anak-anak antara pukul 18.00 dan 06.00 di kawasan pusat bisnis.

Jika seseorang berusia di bawah 18 tahun dan terlihat di pusat kota, mereka akan dibawa pulang atau dibawa ke tempat yang aman. Anak-anak tidak aman di jalan, katanya, dilansir CNN.

Sejak itu, ketenangan relatif kembali terjadi di Alice Springs, atau Mparntwe, nama tradisionalnya. Namun perdebatan sengit mengenai keefektifan langkah-langkah darurat tersebut, yang oleh sebagian orang digambarkan sebagai respons spontan terhadap masalah-masalah sosial yang kompleks.

Beberapa kelompok dan pemimpin masyarakat adat mendukung tindakan ini sebagai tindakan yang diperlukan, namun kelompok lain mengatakan bahwa yang dibutuhkan anak-anak setempat adalah dukungan, bukan lebih banyak pengawasan di negara yang memiliki usia tanggung jawab pidana yang rendah dan tingginya tingkat pemenjaraan bagi pemuda masyarakat adat.

Pejabat Northern Territory mengatakan pemicu kekerasan pada hari Selasa terjadi tiga minggu lalu ketika seorang pria berusia 18 tahun meninggal dalam kecelakaan mobil pada dini hari tanggal 8 Maret.

Pada saat itu, laporan berita lokal mengatakan dia sedang duduk di pintu kendaraan yang diduga dicuri, ketika kendaraan itu berbelok di tikungan dan terguling di atasnya. Delapan orang melarikan diri dari lokasi kejadian.

Darren Clark, pendiri kelompok komunitas Action for Alice, mengatakan para pemuda mengamuk di kota pada hari Selasa dengan memecahkan jendela sebelum menyerang Todd Tavern, sebuah hotel dan bar terkenal.

Dia mengatakan kelompok itu tampaknya mencari pembalasan.

Mereka sedang mencari pengemudi mobil tersebut Jadi, itulah masalahnya, kata Clark kepada stasiun radio 2GB Sydney.

Menurut polisi, para pelayat di Alice Springs berasal dari Utopia, sebuah wilayah sekitar 230 kilometer (143 mil) ke arah timur laut yang merupakan rumah bagi beberapa komunitas besar Aborigin.

Dinamakan Utopia oleh pemukim Jerman yang konon terpesona dengan banyaknya kelinci yang mudah ditangkap. Kini tempat ini dikenal sebagai pusat seniman Pribumi yang karyanya dijual ke seluruh dunia.

Utopia mengalami banyak masalah yang sama dengan yang dialami komunitas Pribumi di seluruh negeri perumahan yang penuh sesak dan tingginya tingkat kekerasan dalam rumah tangga, pengangguran dan penyalahgunaan alkohol.

Permasalahan ini secara luas dianggap sebagai warisan penjajahan lebih dari dua abad lalu yang merampas tanah leluhur pemilik tradisional.

Rasisme dan penelantaran selama puluhan tahun meletus di jalan-jalan Alice Springs pada hari Selasa, meskipun kejahatan remaja masih menjadi masalah di banyak kota lain di Australia.

Ini adalah masalah yang sangat kompleks. Saya tahu orang-orang tidak selalu suka mendengar kata rumit, tetapi ketika Anda melihat anak muda yang menderita [sindrom] alkohol pada janin, yang mengalami trauma, pernah mengalami kekerasan dalam rumah tangga, yang pergi ke rumah yang terdapat alkohol, mereka tidak suka. dirawat. Isu-isu itulah yang menjadi bagian dari kisah Alice Springs, kata Lawler.

Walikota Alice Springs Matt Paterson mengatakan kepada 10 program The Project bahwa beberapa anak berada di jalanan pada malam hari karena lebih aman daripada berada di rumah.

Anak-anak ini ada di sini karena orang tuanya mabuk, atau ada kekerasan keluarga dan seksual yang terjadi di rumah, katanya. Jika jam malam ini menyelamatkan nyawa anak-anak karena hal ini memberikan wewenang kepada polisi untuk membawa mereka ke tempat yang aman, maka menurut saya hal ini sangat berharga.

Beberapa pemimpin masyarakat adat mendukung jam malam dan bekerja sama dengan pemerintah untuk menerapkannya, namun kelompok lain mengatakan konsultasi belum cukup.

Jared Sharp, Kepala Hukum Badan Keadilan Aborigin Australia Utara (NAAJA), mengatakan kepada Sky News bahwa jam malam dapat memperburuk keadaan.

Tidak ada tempat di dunia ini yang mengatakan bahwa jam malam bagi remaja itu efektif ini hanya mengkriminalisasi generasi muda. Hal ini menjerat kaum muda dalam sistem peradilan, dan hal tersebut bukanlah hal yang kita butuhkan di negara seperti Alice Springs, dimana jumlah orang Aborigin yang dipenjara dan ditahan oleh kaum muda sudah sangat tinggi, kata Sharp.

Agustus lalu, Northern Territory menjadi yurisdiksi Australia pertama yang menaikkan usia pertanggungjawaban pidana dari 10 tahun menjadi 12 tahun. Menurut angka terbaru pemerintah, rata-rata setiap malam pada kuartal Juni 2023, lebih dari 800 anak ditahan di seluruh Australia. 60 adalah keturunan Aborigin atau Penduduk Pribumi Selat Torres. Angka-angka tersebut menunjukkan bahwa anak-anak Pribumi 29 kali lebih mungkin ditahan dibandingkan remaja non-Pribumi.

Menulis di Guardian, Catherine Liddle, CEO Sekretariat National Aboriginal and Islander Child Care (SNAICC), mengatakan anak-anak Pribumi dihadapkan pada tingkat kekerasan yang tidak dapat diterima.

Kami tidak bisa menahan diri untuk keluar dari masalah ini, tulisnya. Penyalahgunaan alkohol dan zat-zat terlarang adalah sebuah gejala dan juga salah satu penyebab dan hal ini bukan satu-satunya Bukan sebuah kebetulan jika kita melihat kejahatan di kalangan remaja meningkat seiring dengan meningkatnya angka pemindahan anak-anak Aborigin dan Penduduk Pribumi Selat Torres.

Enam puluh polisi lagi tiba di Alice Springs minggu ini untuk membangun kehadiran polisi yang lebih terlihat selama periode jam malam, dan polisi pemeriksa minuman keras ditugaskan untuk berpatroli di toko minuman keras di daerah tersebut.

Berbicara kepada media pada hari Kamis, Komisaris Polisi Wilayah Utara Michael Murphy mengatakan tindakan tersebut bukan berarti mengunci anak-anak.

Tujuannya adalah untuk menjauhkan anak-anak dari sistem peradilan pidana, katanya. Jika mereka benar-benar melakukan kejahatan dengan kekerasan, mereka akan ditangkap dan dibawa ke pengadilan di mana mereka dapat menjawab pertanyaan hakim dan menjalani sistem peradilan.

Pada Jumat dini hari, tiga pemuda berusia 12, 13 dan 17 tahun ditangkap di Alice Springs setelah diduga memasuki sebuah rumah dengan membawa senjata dan mengancam salah satu penghuni dengan senjata api, menurut polisi. Mereka diduga mencuri kunci dua mobil yang kemudian ditemukan ditinggalkan di selatan kawasan bisnis kota.

Anak-anak di Northern Territory akan menjalani liburan sekolah pada Jumat depan jam malam diperkirakan mencakup setidaknya sebagian dari waktu istirahat tersebut, namun pejabat wilayah tidak menutup kemungkinan untuk memperpanjangnya, jika diperlukan.

Topik Menarik