Israel Bombardir Suriah, 36 Tentara Rezim Assad Tewas

Israel Bombardir Suriah, 36 Tentara Rezim Assad Tewas

Global | sindonews | Jum'at, 29 Maret 2024 - 13:45
share

Militer Israel membombardir wilayah Provinsi Aleppo, Suriah, pada Jumat (29/3/2024). Menurut kelompok pemantau perang, serangan udara Zionis ini menewaskan 36 tentara rezim pemerintah Presiden Bashar al-Assad.

“Serangan Israel menargetkan daerah dekat depot roket milik kelompok Hizbullah Lebanon”, kata Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, yang memiliki jaringan sumber yang luas di Suriah.

“Sedikitnya 36 tentara tewas dan puluhan lainnya luka-luka,” lanjut kelompok pemantau perang tersebut, seperti dikutip AFP.

Kantor berita pemerintah Suriah, SANA, melaporkan serangan militer Zionis Israel terjadi menjelang fajar, menewaskan dan melukai beberapa warga sipil serta sejumlah personel militer.

Baca Juga: Jenderal Tertinggi AS: Amerika Tak Mau Berikan Semua Senjata yang Diminta Israel Saat Ini

Sumber militer Suriah mengatakan kepada SANA: “Kira-kira pukul 01.45 pagi, musuh Israel melancarkan serangan udara dari arah Athriya, tenggara Aleppo.” Sumber itu menambahkan bahwa warga sipil dan personel militer telah tewas dan terluka dalam serangan udara Israel.

Militer Israel tidak menolak dan juga tidak mengonfirmasi serangan udara di Suriah.”Kami tidak akan mengomentari laporan media asing,” kata militer Israel kepada AFP.

Israel telah melancarkan ratusan serangan udara terhadap sasaran-sasaran di Suriah sejak perang saudara pecah pada tahun 2011, terutama menargetkan kelompok milisi yang didukung Iran, termasuk Hizbullah Lebanon, serta posisi tentara Suriah.

Serangan tersebut meningkat sejak perang Israel dengan Hamas, sekutu Hizbullah, dimulai pada 7 Oktober 2023.

Topik Menarik