Akankah Bencana Kelaparan di Gaza Mengakhiri Perang Israel dan Hamas?

Akankah Bencana Kelaparan di Gaza Mengakhiri Perang Israel dan Hamas?

Global | sindonews | Kamis, 28 Maret 2024 - 19:35
share

Bencana kelaparan yang telah lama diperingatkan di Gaza sebagai akibat perang Israel tampaknya semakin menjadi kenyataan.

Sebuah laporan dari Klasifikasi Fase Ketahanan Pangan Terpadu (IPC) yang dirilis pekan lalu memperingatkan akan terjadinya kelaparan di Gaza Utara, dan krisis pangan yang parah diperkirakan akan menyebar ke seluruh wilayah tersebut pada pertengahan Maret hingga Mei.

Sekitar 210.000 orang di Gaza utara menghadapi kondisi bencana, yang dikategorikan sebagai IPC Fase 5, yang merupakan tingkat paling parah.

Secara keseluruhan, fase ini dapat berdampak pada 1,1 juta orang, setengah dari populasi Gaza, jika konflik terus berlanjut. Akibatnya, dengan 20 populasi menghadapi kekurangan pangan ekstrem, dua dari setiap 10.000 orang bisa meninggal setiap hari karena kelaparan atau sebab-sebab terkait lainnya.

Akankah Bencana Kelaparan di Gaza Mengakhiri Perang Israel dan Hamas?

1. Puluhan Anak Sudah Meninggal karena Kelaparan

Foto/AP

Namun Gaza telah menyaksikan korban kelaparan pertamanya. Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan bahwa setidaknya 27 anak telah meninggal karena kekurangan gizi dan dehidrasi, dan jumlah kematian sebenarnya akibat kelaparan kemungkinan jauh lebih tinggi dan diperkirakan akan terus meningkat.

Empat dari 10.000 anak per hari bisa meninggal karena kelaparan atau interaksi antara kekurangan gizi dan penyakit.

Krisis ini tidak terduga. Badan-badan PBB telah lama memperingatkan hal ini terjadi karena Gaza sudah bergulat dengan kerawanan pangan.

Sebelum serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, sekitar 500 truk memasuki Gaza setiap hari. Saat ini, hanya sekitar 150 orang yang diizinkan masuk ke wilayah tersebut, jumlah tersebut tidak cukup untuk memenuhi permintaan, bahkan dengan bantuan tambahan dari jalur udara dan laut.

Pengumuman IPC telah mengguncang sebagian komunitas internasional. Di antara pihak lain yang menyatakan keprihatinannya, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mendefinisikan kelaparan tersebut sebagai bencana yang sepenuhnya disebabkan oleh manusia, sementara kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell menuduh Israel memprovokasi kelaparan di Gaza dan menggunakan kelaparan sebagai senjata perang. menyerukan Israel untuk mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza.

Namun kritik internasional membuat Israel tidak bergeming. Meskipun Dewan Keamanan PBB pada hari Senin menyerukan gencatan senjata segera di Gaza selama bulan Ramadhan, dan menekankan perlunya lebih banyak bantuan kemanusiaan, masih harus dilihat apakah kelaparan massal akan menjadi titik balik yang memaksa masyarakat internasional untuk menghentikan secara komprehensif perang Tel Aviv.

Rafe Jabari, seorang analis ilmu politik Perancis-Palestina, mengatakan kepada The New Arab bahwa akan sulit bagi Amerika Serikat, Inggris, UE, dan mitra lainnya untuk menarik dukungan politik, diplomatik, dan militer kepada Israel setelah serangan 7 Oktober. menyerang.

Saya tidak terlalu optimis mengenai perubahan yang terjadi saat ini. Beberapa suara muncul dari komunitas internasional, namun mereka hanya mendesak Israel untuk bertindak sesuai dengan hukum internasional. Saya pikir titik baliknya adalah jika Israel melanjutkan rencananya. untuk menyerang Rafah, yang akan mengakibatkan bencana yang lebih besar lagi, katanya.

3. Dunia Membiarkan Pelanggaran Kejahatan Perang yang Dilakukan Zionis

Foto/AP

Yara Asi, asisten profesor manajemen kesehatan global dan informatika di Universitas Central California, mengatakan kepada TNA bahwa kelaparan di Gaza adalah akibat dari kelambanan komunitas internasional dalam menghadapi kejahatan perang Israel dan pelanggaran hak asasi manusia yang terdokumentasi selama beberapa dekade.

Penolakan komunitas internasional ini tampaknya hanya berupa kecaman verbal yang lebih keras. Sampai kita melihat negara-negara mengambil tindakan, kelaparan tidak akan menjadi titik akhir untuk menghentikan Israel. Saya telah menunggu titik puncaknya sepanjang hidup saya, katanya.

Korban kemanusiaan akibat perang Israel di Gaza memberikan tekanan kepada pemerintah Barat, menurut Andreas Krieg, dosen senior di School of Security Studies di King's College London dan CEO perusahaan konsultan MENA Analytica.

Dia mengatakan kepada TNA bahwa keengganan Israel untuk mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza mengikis kedudukan globalnya, serta mengubah persepsi Barat terhadap negara tersebut. Banyak komunitas internasional kini memandang tindakan Israel bertentangan dengan prinsip-prinsip demokrasi dan menekankan kesia-siaan solusi militer terhadap Hamas.

Penggunaan airdrop dan pembangunan dermaga buatan untuk mengirimkan bantuan ke Gaza menunjukkan bahwa Israel tidak bekerja sama dan dengan sengaja menggunakan bantuan kemanusiaan sebagai senjata, sesuatu yang tidak dapat didukung oleh siapa pun, bahkan mereka yang mendukung Israel, karena hal tersebut merupakan kejahatan perang. ," dia berkata.

4. Sekutu Israel Harus Menghentikan Pasokan Senjata

Foto/AP

Namun ada sesuatu yang perlahan berubah. Kanada telah menjadi salah satunyanegara-negara pertama yang mengambil langkah besar untuk bertindak melawan kepentingan Israel dengan menghentikan persetujuan izin ekspor senjata baru, meskipun telah mengesahkan izin senilai lebih dari USD21 juta sejak 7 Oktober.

Inggris juga mempertimbangkan untuk membatasi sejumlah ekspor senjata ke Israel jika negara itu melancarkan serangan terhadap Rafah.

Krieg menyarankan agar masyarakat internasional dapat menghentikan penjualan senjata, mengikuti langkah Kanada, yang meningkatkan isolasi Israel. Negara-negara Arab seperti UEA dapat mempengaruhi jalur perdagangan, sehingga meningkatkan tekanan terhadap Israel. Namun, karena Israel menganggap konflik ini sebagai sesuatu yang nyata, Israel mungkin tidak akan menyerah.

Upaya gabungan ini bertujuan bukan untuk mengubah Israel tetapi untuk menciptakan kondisi agar Netanyahu digantikan oleh seseorang yang lebih moderat dan responsif terhadap tekanan eksternal, ujarnya.

5. PM Netanyahu Menggunakan Kelaparan sebagai Senjata

Foto/AP

Pemerintah Israel, yang dipimpin oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, menggunakan kelaparan sebagai senjata untuk mencapai beberapa tujuan, menurut Jabari dan Asi, yang percaya bahwa hal ini berfungsi untuk memberikan tekanan pada Hamas, mempengaruhi penduduk agar menentang Hamas, dan memaksa warga Palestina untuk meninggalkan negaranya. Gaza.

Tujuan Netanyahu bukan hanya memenangkan perang melawan Hamas. Dia ingin menghilangkan esensi persoalan Palestina yang merupakan perspektif negara Palestina, kata Jabari.

Keengganan Israel untuk mengizinkan bantuan kemanusiaan masuk ke Gaza mencerminkan tidak hanya pemerintahan Netanyahu tetapi juga sentimen beberapa warga Israel. Sebuah survei yang dilakukan pada bulan Februari oleh Institut Demokrasi Israel menemukan bahwa 68 responden Yahudi-Israel menentang bantuan tersebut, sementara 85 warga Palestina-Israel mendukungnya.

Asi menjelaskan, kelaparan hanyalah tahap terbaru dari kebijakan pembatasan pangan yang dilakukan Israel di Gaza selama bertahun-tahun. Sebelum tanggal 7 Oktober, Gaza menghadapi kemiskinan yang tinggi dan kerawanan pangan akibat blokade Israel tahun 2007, yang membatasi impor, termasuk larangan sewenang-wenang terhadap barang-barang seperti stroberi dan coklat.

Laporan menunjukkan bahwa Israel membatasi asupan kalori untuk mencegah kelaparan dan semakin merusak kedaulatan pangan Gaza dengan menargetkan lahan pertanian, fasilitas produksi, dan infrastruktur sejak tahun 2008.

Blokade tersebut lanjut Asi telah menyebabkan meluasnya pengangguran, membatasi daya beli penduduk terhadap makanan bergizi, dan dengan Israel kini menargetkan lembaga-lembaga kemanusiaan seperti UNRWA, situasinya semakin memburuk, mencerminkan percepatan kebijakan yang telah lama berada di bawah kendali Israel sejak tahun 2007.

Topik Menarik