Mampukah Militer Sudan Akan Memenangkan Pertempuran Melawan Pemberontak?

Mampukah Militer Sudan Akan Memenangkan Pertempuran Melawan Pemberontak?

Global | sindonews | Minggu, 17 Maret 2024 - 21:21
share

Kemenangan di medan perang baru-baru ini membuat para pendukung tentara Sudan percaya bahwa mereka dapat membalikkan keadaan melawan Pasukan Dukungan Cepat paramiliter, namun para ahli masih ragu.

Pada tanggal 12 Maret, tentara merebut kembali gedung radio dan televisi nasional di Omdurman, kota terbesar kedua di Sudan dan sepertiga wilayah ibu kota negara.

Kemenangan tersebut terjadi beberapa minggu setelah tentara mematahkan pengepungan RSF untuk merebut kembali beberapa lingkungan di Omdurman.

Saya tidak akan terlalu optimis, karena mengambil alih wilayah adalah hal yang berbeda dan mempertahankan wilayah adalah hal yang berbeda, kata Hagar Ali, pakar hubungan militer-sipil di Sudan dan kandidat PhD di Institut Jerman untuk Urusan Sipil. Studi Global dan Area.

Meskipun ada kehati-hatian, kemenangan tentara baru-baru ini tampaknya menimbulkan keraguan atas kemampuan RSF untuk menaklukkan seluruh negara, yang tampaknya mungkin terjadi setelah mereka merebut negara bagian Gezira pada bulan Desember.

Kehilangan negara penghasil pangan dan pusat bantuan merupakan pukulan besar bagi tentara. Hal ini menimbulkan pertanyaan serius mengenai kemampuannya melindungi warga sipil dari RSF, sebuah kelompok yang dituduh melakukan kekejaman seperti pembunuhan mendadak, kekerasan seksual dan perampokan bersenjata.

Namun penguasaan kembali stasiun radio dan televisi oleh tentara memulihkan kepercayaan terhadap kemampuan mereka.

Mampukah Militer Sudan Akan Memenangkan Pertempuran Melawan Pemberontak?

1. Mengontrol Narasi

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, mengambil alih radio dan televisi nasional sangatlah penting karena di sinilah para pemimpin militer secara historis mengumumkan kudeta mereka terhadap negara.

Kini senjata ini dapat berfungsi sebagai alat yang berguna untuk membantu upaya perang tentara, kata para ahli dan komentator Sudan kepada Al Jazeera.

Seorang jurnalis Sudan di negara bagian Sungai Nil, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena takut akan pembalasan dari tentara, yakin anggota gerakan Islam Sudan yang memerintah selama 30 tahun di bawah mantan Presiden Omar al-Bashir akan mencoba mengendalikan radio dan televisi untuk melakukan hal yang sama. menyebarkan narasi mereka tentang perang.

Pada awal perang, tentara tidak memiliki kampanye media yang ekstensif, setidaknya dibandingkan dengan RSF yang memanfaatkan media untuk mendukung perang mereka. Semua perhatian sekarang tertuju pada bagaimana tentara akan menggunakan gedung radio dan televisi, kata mereka kepada Al Jazeera.

Saya pikir para pejabat [era al-Bashir] pasti akan berpartisipasi dalam mengendalikan konten tersebut, tambah jurnalis tersebut.

Sejak pecahnya perang antara tentara dan RSF pada April 2023, tokoh-tokoh era Bashir kembali muncul untuk mendukung upaya perang tentara. Anggota gerakan Islam Sudan mengendalikan kementerian keuangan dan diyakini memegang kekuasaan di kementerian luar negeri.

Banyak di antara mereka yang dilaporkan membantu kampanye perekrutan dan memobilisasi milisi untuk berperang bersama tentara.

Jatuhnya Gezira juga membantu upaya perekrutan ribuan pemuda dan beberapa anak mengangkat senjata untuk membela diri atau bergabung dengan kamp perekrutan tentara untuk melawan RSF.

Menurut Ali, militer masih berjuang dari posisi yang tidak menguntungkan meskipun baru-baru ini mereka meraih kemenangan.

Di kota-kota seperti Khartoum, katanya, RSF lebih mobile dan mampu bersembunyi di gang-gang, rumah dan gedung untuk menghindari serangan udara tentara.

Di wilayah terbuka yang luas seperti Darfur yang sebagian besar dikendalikan oleh RSF pesawat militer memiliki pandangan yang lebih jelas terhadap sasaran, kata Ali, namun mereka juga merupakan sasaran yang jelas untuk senjata anti-pesawat.

Jonas Horner, pakar Sudan yang pernah bekerja dengan berbagai lembaga think tank seperti International Crisis Group, lebih optimis terhadap peluang militer.

Kesan saya adalah ada momentum di sini dan perasaan saya lainnya adalah bahwa hal ini sebagian besar disebabkan oleh peningkatan pasukan dan teknologi yang tampaknya datang dari Iran karena tentara tidak bisa mendapatkannya dari negara lain, katanya. kata Al Jazeera.

Senjata yang dimaksud Horner termasuk drone Iran. Dia juga berspekulasi menyebutkan bahwa tokoh-tokoh era al-Bashir memobilisasi pejuang dari latar belakang ideologi yang sama untuk melawan RSF bersama tentara.

Banyak pejuang yang memerangi RSF adalah kelompok Islam yang bermotivasi tinggi untuk merebut kembali Sudan. Motivasi ideologis itu sangat berarti bagi mereka yang bekerja untuk mendapatkan bayaran, seperti halnya banyak pejuang RSF, kata Horner kepada Al Jazeera.

3. Melakukan Serangan Balasan

Foto/Reuters

Kemenangan tentara Sudan baru-baru ini juga bisa menjadi puncak keberhasilan tentara di medan perang, menurut Hamid Khalafallah, seorang analis Sudan dan kandidat PhD di Universitas Manchester.

Ia tidak optimis bahwa tentara dapat memperoleh keuntungan yang signifikan melawan RSF.

Saya tidak yakin mereka mempunyai kemampuan untuk berbuat lebih banyak. Gedung radio dan televisi sangat besar bagi mereka, tapi ini bukan sebuah kota, katanya kepada Al Jazeera, mengenai spekulasi bahwa tentara berencana melancarkan serangan balasan di Wad Madani, ibu kota Gezira.

Khalafallah menambahkan bahwa RSF tersebar di Gezira, dimana pemadaman internet yang oleh warga sipil disalahkan pada RSF membuat pendokumentasian pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan oleh paramiliter menjadi sulit.

RSF dilaporkan telah membunuh ratusan warga sipil di Gezira saat menjarah rumah dan mencuri kendaraan. Mereka juga menyerang petani dan memperkosa perempuan secara beramai-ramai, menurut aktivis setempat.

Pemimpin RSF, Mohamad Hamdan Hemedti Dagalo, mengklaim elemen nakal di RSF melakukan pelanggaran di Gezira, namun laporan tersebut dilebih-lebihkan.

Jurnalis Sudan lainnya yang meminta Al Jazeera untuk tidak mengungkapkan nama mereka karena takut akan pembalasan dari tentara, mengatakan kebanyakan orang mencari tanda-tanda bahwa tentara dapat melindungi mereka.

Mereka mengakui bahwa meskipun tentara mengandalkan tokoh-tokoh Islam dan pejuang rezim al-Bashir, masyarakat akan merasa lebih aman hidup di bawah kekuasaan militer.

Orang-orang di sekitar saya lebih memilih militer dibandingkan RSF.

Tetapi pada akhirnya, mereka hanya berharap bahwa [Sudan] dapat kembali ke perdamaian dan keamanan suatu hari nanti.

Topik Menarik