Bocoran Komunitas Intelijen Soal Senjata Nuklir Rusia: Putin Tidak Akan Melakukannya

Bocoran Komunitas Intelijen Soal Senjata Nuklir Rusia: Putin Tidak Akan Melakukannya

Global | BuddyKu | Senin, 5 Juni 2023 - 15:53
share

Komunitas intelijen tidak yakin Rusia akan menggunakan senjata nuklir, kata Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat Avril Haines.

Haines, dalam sebuah dengar pendapat di Komite Angkatan Bersenjata Senat AS bulan Mei lalu, mengatakan bahwa rezim Presiden Vladimir Putin sangat tidak mungkin menggunakan senjata nuklir terhadap Ukraina.

"Meskipun Moskow tidak dapat secara signifikan mendapatkan wilayah baru Ukraina dan korban jiwa yang besar di medan perang," katanya, dikutip dari IBTimes .

Namun, seorang anggota parlemen Inggris memperingatkan bahwa pemimpin Rusia mungkin akan menggunakan senjata nuklir.

Berbicara pada GB News , anggota parlemen Konservatif Inggris Bob Seely mengklaim bahwa ancaman Rusia menggunakan senjata nuklir taktis terhadap Ukraina diremehkan, dengan alasan bahwa Putin "selalu keluar dari krisis."

Namun Seely mencatat bahwa Rusia "mungkin tidak akan melakukannya" karena khawatir China dan India akan menarik dukungan mereka untuk Moskow.

Pada bulan Februari, Putin mengumumkan penangguhan partisipasi Rusia dalam perjanjian New START, pakta senjata nuklir terakhir yang masih tersisa dengan AS.

Perjanjian ini membatasi jumlah hulu ledak nuklir strategis yang dapat dikerahkan oleh AS dan Rusia.

Topik Menarik