Polisi India Tergantung dari Kumis, Makin Tebal Tunjangan Lebih Banyak

Polisi India Tergantung dari Kumis, Makin Tebal Tunjangan Lebih Banyak

Global | telisik.id | Senin, 6 Februari 2023 - 08:05
share

GajiNEW DELHI, TELISIK.ID - Polisimerupakan aparat penegak hukum yang salah satu tugasnya menjadi pengayom masyarakat. Profesi polisi juga menjadi salah satu cita-cita yang diimpikan banyak anak kecil.

Dengan seragamnya, seorang polisi juga terlihat lebih berwibawa. Selain seragam, di India polisi berkumis dianggap simbol ketampanan dan kewibawaan. Selain itu polisi berkumis tebal di India akan mendapat gaji dan tunjangan lebih besar dibandingkan polisi tidak berkumis.

Meskipun terbilang unik, ternyata tidak semua negara bagian di India menerapkan kebijakan ini.Dilansir dari logically.ai, kebijakan unik ini hanya berlaku kepada personel polisi di dua negara bagian saja, yakni di Madhya Pradesh dan Uttar Pradesh, India.

Kebijakan ini tetap dipertahankan karena mempertimbangkan warisan sejarah kepolisian India yang secara turun temurun selalu menumbuhkan kumisnya.

Direktur Jenderal Kepolisian daerah India, Binod Kumar Singh, menyatakan saat ini tren penumbuhan kumis di kalangan polisi India telah menurun.

Padahal, hubungan antara kumis dan anggota kepolisian India sangat erat. Pada tahun 1990-an, kumis merupakan suatu kebanggaan bagi polisi India. Tapi sekarang tren itu sudah jarang terlihat lantaran generasi muda lebih memilih tampilan yang rapi.

Aturan tunjangan kumis ternyata telah ditetapkan di dalam kebijakan Polisi Bersenjata Provinsi atau Provincial Armed Constabulary (PAC).

Melansir Bangkapos.com, meskipun di dalam aturan seragam kepolisian di India memperbolehkan menumbuhkan kumis, tetapi kebijakan ini tidak berlaku bagi penumbuhan jenggot.

Di Uttar Pradesh, kebijakan tunjangan bagi anggota polisi India, penumbuhan kumis ini ternyata sudah berlaku sejak 1986 untuk semua personel 33 batalyon PAC.

Besaran tunjangan untuk memelihara kumis bagi anggota polisi India sangat bervariasi, mulai 50 sampai 100 Rupee.

Besaran tunjangan bergantung pada kebijakan kepala polisi distrik masing-masing. Bahkan pada tahun 2019, terjadi kenaikan yang sangat signifikan, menjadi 250 Rupee setiap bulannya jika seorang anggota polisi India memiliki kumis yang sehat. (C)

Penulis: Ibnu Sina Ali Hakim

Editor: Haerani Hambali

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Topik Menarik