Junta Militer Berkuasa, Perdagangan Narkoba Meningkat, Myanmar Jadi Penghasil Opium Terbesar

Junta Militer Berkuasa, Perdagangan Narkoba Meningkat, Myanmar Jadi Penghasil Opium Terbesar

Global | gatra.com | Jum'at, 27 Januari 2023 - 09:25
share

Myanmar,Gatra.com- Produksi opium di Myanmar berkembang pesat sejak perebutan kekuasaan oleh militer. Merujuk laporan PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNDOC)

meningkatnya produksi opium lantaran budidaya opium naik sepertiga dalam setahun terakhir. Tidak hanya itu akibat perekonomian Myanmar goyah, kemudian pengambilalihan kekuasaan yang dilakukan oleh junta militer menyebabkan lebih banyak warga Myanmar melakukan perdagangan narkoba.

Dikutip dari NPR News , pada tahun 2022, pada musim tanam penuh pertama sejak militer merebut kendali negara dari pemerintah Aung San Suu Kyi, Myanmar mengalami peningkatan 33% dalam area budidaya menjadi 40.100 hektar (99.090 hektar).

Gangguan ekonomi, keamanan, dan tata kelola yang mengikuti pengambilalihan militer pada Februari 2021 telah menyatu, dan petani di daerah terpencil dan rawan konflik di Shan utara dan negara bagian perbatasan hanya memiliki sedikit pilihan selain kembali ke opium, kata perwakilan regional PBB, Jeremy Douglas.

Nilai keseluruhan ekonomi candu Myanmar, berdasarkan perkiraan PBB, berkisar antara $660 juta dan $2 miliar, hal ini tergantung pada berapa banyak opium yang dijual secara lokal, dan berapa banyak opium mentah yang diproses menjadi heroin atau obat lain.

"Hampir semua heroin yang dilaporkan di Asia Timur dan Tenggara dan Australia berasal dari Myanmar, dan negara itu tetap menjadi produsen opium dan heroin terbesar kedua di dunia setelah Afghanistan," kata Douglas.

Menurtnya, tidak ada yang bisa membandingkan keduanya, pada saat ini Afghanistan masih menghasilkan jauh lebih banyak opium. Sementara perluasan yang sedang berlangsung di Myanmar tidak boleh diabaikan dan perlu perhatian. perkembangan budidaya opium ini kemungkinan akan terus berlanjut. Tentunya persoalan ini terkait langsung dengan situasi keamanan dan ekonomi.

Area yang disebut Segitiga Emas, tempat perbatasan Myanmar, Laos, dan Thailand bertemu, secara historis merupakan area produksi utama opium dan menampung banyak laboratorium yang mengubahnya menjadi heroin.

Beberapa dekade ketidakstabilan politik telah membuat wilayah perbatasan Myanmar, juga dikenal sebagai Burma, sebagian besar tanpa hukum, dieksploitasi oleh produsen dan pengedar narkoba.

Sebagian besar opium yang diekspor oleh Myanmar pergi ke China dan Vietnam, sementara heroin pergi ke banyak negara di kawasan itu, kata Douglas.

"Ini benar-benar di mana nilainya memiliki "Keuntungan yang sangat tinggi" bagi para pedagang," katanya.

Budidaya opium cenderung menurun dalam beberapa tahun terakhir sebelum militer mengambil kendali pemerintah pada tahun 2021.

Perkiraan produksi mencapai titik terendah 400 metrik ton (440 ton) pada tahun 2020. Setelah naik sedikit pada tahun 2021, melonjak pada tahun 2022 menjadi sekitar 790 metrik ton (870 ton), menurut laporan tersebut.

Sejak mengambil kendali pemerintah, penggunaan kekuatan mematikan oleh militer untuk mempertahankan kekuasaan telah meningkatkan konflik dengan lawan sipilnya hingga beberapa ahli menggambarkan negara itu sekarang berada dalam keadaan perang saudara.

menurut Asosiasi Bantuan untuk Tahanan Politik, biayanya tinggi, dengan 2.810 orang terbunuh oleh pasukan pemerintah hingga saat ini dan 17.427 warga ditahan.

Kekerasan tersebut menyebabkan pemerintah tidak dapat menjangkau beberapa daerah untuk melakukan razia pemberantasan narkoba, dan juga harus mengalihkan sumber dayanya ke tempat lain.

Akibatnya, upaya pemberantasan tampaknya telah menurun secara substansial, dengan 1.403 hektar (3.467 hektar) dilaporkan diberantas pada tahun 2022 sekitar 70% lebih sedikit dibandingkan tahun 2021.


Pada saat yang sama, ketika konflik terus memakan korban. Semakin banyak rumah tangga pedesaan didorong untuk lebih mengandalkan penanaman opium untuk mendapatkan penghasilan, kata PBB.


"Perluasan produksi opium yang sedang berlangsung pada dasarnya adalah tentang kemiskinan dan reaksi orang-orang di daerah pedesaan terhadap situasi ekonomi," kata Douglas.


Douglas menuturkan pada saat yang sama, situasi keamanan jelas sulit dengan frekuensi dan intensitas konflik yang meningkat, dan mereka yang terlibat dalam ekonomi narkoba sebagian besar tidak terkendali.

Perekonomian obat sintetiknya juga melonjak karena alasan yang sama, dengan laporan penyitaan metamfetamin dan obat-obatan lainnya mencapai tingkat rekor. Dalam satu penggerebekan pada bulan September di Laos, misalnya, pihak berwenang menyita 33 juta tablet methamphetamine bersama dengan 500 kilogram (1.100 pon) kristal methamphetamine.

Topik Menarik