Loading...
Loading…
Terjerat Kasus Suap, Pewaris Samsung Ini Dapat Pengampunan dari Presiden Korea Selatan, Kok Bisa?

Terjerat Kasus Suap, Pewaris Samsung Ini Dapat Pengampunan dari Presiden Korea Selatan, Kok Bisa?

Global | koran-jakarta.com | Jumat, 12 Agustus 2022 - 15:10

SEOUL - Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol memberikan pengampunan khusus yang pertama kepada pewaris Samsung Lee Jae-yong, ketua grup Lotte Shin Dong-bin, dan 1.691 orang lainnya dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan yang jatuh pada minggu depan, kata pemerintah, Jumat (12/8).

Dikabarkan Yonhap , Jumat (12/8), pengampunan itu akan efektif mulai Hari Kemerdekaan yakni hari Minggu.

Mantan presiden Lee Myung-bak sebelumnya juga diharapkan mendapat pengampunan tersebut. Namun ternyata namanya tidak tercantum dalam daftar. Demikian pula mantan gubernur provinsi Gyeongsang Selatan Kim Kyoung-soo, salah satu rekan terdekat mantan presiden Moon Jae-in.

Yang paling diuntungkan adalah wakil ketua Samsung Electronics Lee.

"Saya akan bekerja keras demi ekonomi nasional," kata Lee kepada wartawan di depan gedung pengadilan distrik sentral Seoul menanggapi pengumuman itu. Lee sedang menghadapi pengadilan dalam kasus lain yakni kasus penipuan yang melibatkan merger afiliasi Samsung pada 2015.

Dia dibebaskan dengan jaminan pada Agustus tahun lalu saat sedang menjalani 2,5 tahun masa tahanan dalam kasus suap yang melibatkan mantan presiden Park Geun-hye. Masa tahanannya secara resmi berakhir pada 29 Juli, namun ia masih butuh pengampunan untuk memperoleh pemulihan hak-haknya.

Original Source

Topik Menarik