Loading...
Loading…
Tokyo Khawatirkan Aktivitas Kapal Induk Tiongkok Dekat Wilayah Jepang

Tokyo Khawatirkan Aktivitas Kapal Induk Tiongkok Dekat Wilayah Jepang

Global | koran-jakarta.com | Rabu, 11 Mei 2022 - 06:22

TOKYO - Menteri Pertahanan Jepang, Kishi Nobuo, menyampaikan kekhawatiran atas aktivitas kapal induk Tiongkok, Liaoning, di perairan dekat pulau-pulau terpencil Jepang serta Taiwan.

Pada Selasa (10/5), Menhan Kishi mengatakan bahwa sejak 3 Mei hingga Minggu (8/5), pesawat-pesawat tempur dan helikopter-helikopter Tiongkok terlihat lebih dari 100 kali tinggal landas dan mendarat di kapal induk Liaoning.

Kementerian Pertahanan Jepang terus memantau kapal itu sejak Liaoning menjelajah ke selatan melewati perairan di dekat pulau utama Okinawa dan Pulau Miyakojima serta bergerak ke Samudra Pasifik pada 2 Mei.

"Aktivitas perairan itu bisa saja merupakan upaya Tiongkok untuk meningkatkan kapabilitas operasional kapal induk itu serta meningkatkan kemampuannya untuk melaksanakan operasi di lokasi yang lebih jauh," kata Kishi.

Menhan Jepang itu pun mengatakan terkait kenyataan bahwa kegiatan angkatan laut itu terjadi di dekat pulau-pulau barat daya Jepang serta Taiwan, maka pemerintah tidak punya pilihan kecuali memantau erat situasinya. NHK/I-1

Original Source

Topik Menarik