5 Negara yang Memiliki Suku Terbanyak di Dunia, Indonesia Salah Satunya

5 Negara yang Memiliki Suku Terbanyak di Dunia, Indonesia Salah Satunya

Global | okezone | Kamis, 14 April 2022 - 05:01
share

JAKARTA - Etnis atau suku bangsa adalah golongan manusia yang mengidentifikasikan diri dan sesamanya berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama; termasuk kesamaan budaya, bahasa, agama, perilaku, dan ciri-ciri biologis. Dalam suatu negara, etnis yang menempatinya pun tidak hanya satu, namun beragam etnis dan berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Berikut ini adalah negara-negara yang memiliki suku terbanyak di dunia.

1. India

India memiliki luas sekitar 2.287 juta km persegi dan jumlah penduduknya mencapai 1,339 miliar. Dengan penduduk sebanyak itu, tentu saja India mempunyai keberagaman bahasa dan suku bangsa. Dikutip dari study.com, jumlah kelompok etnis di India diperkirakan mencapai 2.000 kelompok, dengan 97% masyarakatnya termasuk 12 kelompok besar.

Adapun 3 etnis teratas India adalah orang Hindu/Urdu (48% dari populasi), Bengali (8%), dan Telugus (7%). Ragam bahasa di India mencapai 23 bahasa, dengan dua bahasa paling banyak digunakan adalah bahasa Indo-Arya (78%) dan Dravida (19,6%).

2. Indonesia

Indonesia terkenal akan keragaman suku bangsa dan budayanya. Dikutip dari situs indonesia.go.id, Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok suku bangsa, tepatnya 1.340 suku berdasarkan sensus BPS tahun 2010. Suku Jawa jadi kelompok etnis terbesar yang mencapai 41% dari total populasi Indonesia (273,8 juta orang tahun 2021).

Sementara di Kalimantan dan Papua, populasi orang Jawa hanya sejumlah ratusan orang. Namun, pembagian ini jelas tidak mutlak, karena adanya percampuran budaya dan perpindahan penduduk. Jumlah bahasa di Indonesia sebanyak 710 bahasa.

3. Papua Nugini

Papua Nugini mendapatkan kemerdekaannya secara resmi pada 16 September 1975. Negara yang berada di ujung timur Indonesia dan berbatasan langsung dengan Provinsi Papua ini mempunyai lebih dari 850 bahasa lokal.

Dikutip dari Nations Encyclopedia, Papua Nugini juga punya lebih dari 1.000 kelompok etnis. Mereka diklasifikasikan berdasarkan penampilan fisik, bahasa, dan asal-usulnya. Penduduk aslinya adalah Melanesia, sementara kelompok etnis lainnya adalah Negritos, Mikronesia, dan Polinesia.

Topik Menarik