Kisah Inspiratif Ganesh Baraiya, Dokter Terpendek di Dunia Asal India

Kisah Inspiratif Ganesh Baraiya, Dokter Terpendek di Dunia Asal India

Gaya Hidup | ciamisraya.inews.id | Selasa, 23 April 2024 - 16:20
share

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id – Kisah Ganesh Baraiya, pria berusia 23 tahun asal Talaja Thaluka di Gujarat, India, menjadi inspirasi bagi banyak orang. Dia mengukir prestasi yang luar biasa di dunia kedokteran.

Meskipun menghadapi berbagai rintangan karena perawakannya yang pendek, kesungguhan dan ketekunan Ganesh telah menginspirasi banyak orang dengan menjadi dokter terpendek di dunia.

Dilansir dari Oddity Central, Selasa (23/4/2024) kehidupan Ganesh diwarnai dengan perjalanan yang luar biasa sejak usianya yang sangat muda dengan menghadapi kondisi medis yang tidak biasa.

Pada usia empat tahun, orang tuanya menyadari bahwa kepalanya sudah melebihi ukuran tubuhnya, dan setelah berkonsultasi dengan dokter, mereka mengetahui bahwa dia menderita penyakit yang tidak dapat disembuhkan.

Untuk mencegah pertumbuhan pada kepalanya, sang ibu pun memasang helm khusus agar dapat memberinya kesempatan untuk mengejar impian dan pendidikannya. Ganesh tetap semangat dan bertekad untuk meraih mimpinya menjadi seorang dokter meskipun dihadapkan pada ejekan karena perawakannya.

Dengan keteguhannya yang tidak kenal lelah meskipun mengalami penolakan masuk ke program Sarjana Kedokteran dan Sarjana Bedah (MBBS) karena keterbatasan fisiknya, dia membawa kasusnya ke berbagai tingkat pengadilan, dan pada akhirnya Mahkamah Agung India memutuskan untuk memberinya hak untuk mendaftar di MBBS pada 2018.

 

Setelah menyelesaikan studinya, Ganesh melakukan praktik kerja di Rumah Sakit Sir-T di Bhavnagar. Meskipun masih menghadapi diskriminasi, namun dia telah membuktikan kemampuannya sebagai seorang dokter yang berkualitas. Dengan banyak pasien yang akhirnya merasa nyaman dan bahagia dengan pelayanannya.

“Setiap kali pasien melihat saya, mereka awalnya sedikit terkejut, tetapi kemudian mereka menerima saya dan saya juga menerima perilaku awal mereka. Mereka berperilaku ramah dan positif terhadap saya. Mereka juga menjadi bahagia,” kata dr. Baraiya.

Meskipun belum diakui oleh Guinness Book of Records, Ganesh Baraiya dengan bangga menceritakan kisah perjuangannya dan menjadi inspirasi bagi banyak orang di seluruh dunia. Dengan semangat dan tekad yang kuat, Ganesh telah membuktikan bahwa tidak ada yang mustahil jika kita bersungguh-sungguh mengejar impian kita.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman Okezone dengan judul "Mengenal Ganesh Baraiya, Pria Asal India yang Jadi Dokter Terpendek di Dunia"

Topik Menarik