Doa Iftitah Muhammadiyah: Arab, Latin, dan Arti

Doa Iftitah Muhammadiyah: Arab, Latin, dan Arti

Gaya Hidup | inews | Senin, 22 April 2024 - 22:51
share

JAKARTA, iNews.id - Doa Iftitah Muhammadiyah berikut perlu diketahui. Doa Iftitah adalah doa yang dibaca antara takbiratul ihram dengan surat Al Fatihah. Hukum membaca doa ini adalah sunnah. Maka jika dikerjakan akan berpahala dan tidak berdosa bagi yang meninggalkan.

Hal itu sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah:

كان رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إذا كبَّر في الصلاة؛ سكتَ هُنَيَّة قبل أن يقرأ. فقلت: يا رسول الله! بأبي أنت وأمي؛ أرأيت سكوتك بين التكبير والقراءة؛ ما تقول؟ قال: ” أقول: … ” فذكره

“Biasanya Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam setelah bertakbir ketika shalat, ia diam sejenak sebelum membaca ayat. Maka aku pun bertanya kepada beliau, wahai Rasulullah, kutebus engkau dengan ayah dan ibuku, aku melihatmu berdiam antara takbir dan bacaan ayat. Apa yang engkau baca ketika itu adalah:… (beliau menyebutkan doa iftitah)” (Muttafaqun ‘alaih)

Dalam praktiknya, ada berbagai versi bacaan doa Iftitah yang berkembang di kalangan umat Muslim, termasuk warga Muhammadiyah. Adapun bacaan doa Iftitah, yang dilansir iNews.id dari laman Suara Muhammadiyah, Senin (22/4/2024), adalah sebagai berikut.

Doa Iftitah Muhammadiyah

اللَّهُمَّ بَاعِدْ بَيْنِي وَبَيْنَ خَطَايَايَ ، كَمَا بَاعَدْتَ بَيْنَ المَشْرِقِ وَالمَغْرِبِ ، اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِنَ الخَطَايَا ، كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الأَبْيَضُ مِنَ الدَّنَسِ ، اللَّهُمَّ اغْسِلْ خَطَايَايَ بِالْمَاءِ ، وَالثَّلْجِ ، وَالبَرَدِ

Allahumma baaid baynii wa bayna khotoyaaya kamaa baa’adta baynal masyriqi wal maghrib. Allahumma naqqinii min khotoyaaya kamaa yunaqqots tsaubul abyadhu minad danas. Allahummagh-silnii min khotoyaaya bil maa-iwats tsalji wal barod.

Artinya; Wahai Allah jauhkanlah antara aku dan kesalahan-kesalahanku sebagaimana engkau jauhkan antara timur dan barat, ya Allah bersihkanlah aku dari kesalahan sebagaimana bersihnya baju putih dari kotoran, ya Allah basuhlah kesalahan-kesalahanku dengan air, salju dan air dingin.

Inilah doa Iftitah Muhammadiyah yang bisa Anda amalkan. Semoga artikel ini bermanfaat. 

Topik Menarik