Kandungan Surat Al Baqarah Ayat 153, Perintah untuk Menegakkan Sholat 

Kandungan Surat Al Baqarah Ayat 153, Perintah untuk Menegakkan Sholat 

Gaya Hidup | inews | Senin, 22 April 2024 - 21:38
share

JAKARTA, iNews.id - Kandungan surat Al Baqarah ayat 153 merupakan hal yang wajib diketahui umat Muslim. Surat ke-2 dalam mushaf Al-Qur'an ini adalah surat yang terpanjang. 

Mengutip Amrullah, dalam bukunya yang berjudul Keutamaan Al-Qur'an dalam Perspektif Hadits serta Tafsir Al Azhar Jilid 1, surat Al Baqarah memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah umat Muslim yang membaca surat ini akan dijanjikan mahkota di surga kelak. 

Salah satu surat Al Baqarah yang kerap dibahas adalah ayat 153. Adapun, bunyi ayatnya adalah sebagai berikut: 

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱسْتَعِينُوا۟ بِٱلصَّبْرِ وَٱلصَّلَوٰةِ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلصَّٰبِرِينَ

Latin: Yā ayyuhallażīna āmanusta'īnụ biṣ-ṣabri waṣ-ṣalāh, innallāha ma'aṣ-ṣābirīn

Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar."

Kandungan Surat Al Baqarah Ayat 153

Kandungan surat Al Baqarah ayat 153 menurut Tafsir Wajiz Kementerian Agama (Kemenag RI), Senin (22/4/2024), umat Muslim yang ditimpa suatu cobaan agar selalu bersabar dan senantiasa untuk melaksanakan sholat. 

Dalam tafsir tersebut disebutkan, "Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan kepada Allah, baik dalam rangka melaksanakan kewajiban, menjauhi larangan, maupun menghadapi cobaan, yaitu dengan sabar dan shalat yang disertai rasa khusyu, Sungguh, Allah beserta orang-orang yang sabar dengan memberikan pertolongan dan keteguhan hati dalam menghadapi segala cobaan."

Sementara itu, menurut Tafsir Al-Azhar yang ditulis oleh Buya Hamka, menyebutkan Al-Baqarah ayat 153 berisikan tentang satu cita-cita tinggi umat Muslim, yakni selalu menegakkan ajaran tauhid di kehidupan sehari-hari. 

Pada Tafsir Al-Azhar menyebut, "Menegakkan kalimat Allah, memancarkan tonggak tauhid dalam alam, membanteras perhambaan diri kepada yang selain Allah. Apabila langkah ini telah dimulai, halangannya pasti banyak, jalannya pasti sukar."

Demikian ulasan mengenai kandungan surat Al Baqarah ayat 153. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik