Mengintip Keindahan Lembah Purba, Destinasi Wisata di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Mengintip Keindahan Lembah Purba, Destinasi Wisata di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Gaya Hidup | medan.inews.id | Rabu, 17 April 2024 - 11:10
share

SUKABUMI, iNewsMedan.id - Lembah Purba merupakan salah satu destinasi wisata di Sukabumi. Bahkan, keindahan alamnya memincut Aktor Hollywood, Will Smith.

Usut punya usut, tempat wisata alam tersebut adalah Lembah Purba yang berlokasi di Sukabumi, Jawa Barat. Hal tersebut diungkapkan oleh aktor asal Amerika Serikat itu melalui unggahan video yang direpost di akun Instagramnya baru-baru ini. 

Dalam keterangan repost unggahan video milik akun Instagram @asepmulyanadam itu, Will Smith tampak bertanya kepada followersnya terkait tempat wisata alam yang ada di video tersebut.

“Di mana ini?” tanya Will Smith, menggunakan bahasa Inggris, dalam keterangan unggahan di akun Instagramnya, @willsmith, Jumat, (5/4/2024).

Video tersebut tampak memperlihatkan penampakan beberapa orang yang tengah duduk di atas kursi rotan yang menggantung di tali dan terpasang di sepanjang hutan nan asri. 

 

Beberapa kursi gantung yang berjejeran tersebut lantas berjalan ke arah samping mengikuti arah tali dan menggantung melewati atas sungai berarus nan jernih. 

Lantas, apa saja daya tarik dari Lembah Purba ini ya? Berikut ulasannya.

Lembah Purba merupakan destinasi wisata yang viral saat ini, di mana Anda diajak untuk menjelajahi kawasan hutan asri. Lembah Purba merupakan hutan indah yang di dalamnya terdapat air terjun bernama Curug Kembar. 

Air terjun ini memiliki keistimewaan yang menjadikannya destinasi wisata populer di akhir pekan. Wisata Lembah Purba tengah menarik perhatian sejak beberapa waktu terakhir. 

Salah satunya, lantaran di sana terdapat jembatan gantung yang diklaim sebagai yang terpanjang di Asia Tenggara. Jembatan gantung dengan panjang mencapai 414 meter ini, punya panorama yang menakjubkan. 

 

Dari atas jembatan, Anda bakal disuguhkan keindahan alam hutan lindung dengan pepohonan yang asri. Bahkan, jika beruntung, Anda juga dapat menyaksikan aktivitas satwa liar, salah satunya lutung Jawa. Jembatan ini juga menjadi pintu masuk menuju destinasi wisata eksotis lembah purba. 

Masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), lokasi ini berada pada ketinggian 1.100 mdpl (meter di atas permukaan laut). Maka wajar bila nuansa kesejukan begitu terasa dari titik ini. Dengan panjang yang mencapai hampir setengah kilometer, butuh waktu sekitar 30 menit untuk bisa sampai ke ujung jembatan. 

Namun, rasa takut yang menyelimuti, dijamin akan teralihkan dengan keindahan panorama yang tersaji. Apalagi dari jembatan lembah purba, Anda dapat melihat keindahan Suspension Bridge Situ Gunung yang fenomenal dari ketinggian.

Kemegahan serta keindahan Curug Kembar merupakan gong dari ekspedisi Lembah Purba. Lokasi Lembah Purba di jalan Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. 

Untuk menuju ke Curug Lembah Purba, wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari Kota Sukabumi. Jarak dari pintu masuk curug ke lokasi curug sendiri sekitar 1 kilometer dan harus ditempuh dengan berjalan kaki. 

Untuk menuju Curug Lembah Purba, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum.

Topik Menarik