Sholat Dhuha di Bulan Ramadhan: Tata Cara, Niat, Doa, dan Keutamaannya

Sholat Dhuha di Bulan Ramadhan: Tata Cara, Niat, Doa, dan Keutamaannya

Gaya Hidup | inews | Jum'at, 29 Maret 2024 - 23:26
share

JAKARTA, iNews.id - Sholat Dhuha di bulan Ramadhan sangat sayang untuk dilewatkan. Pada bulan penuh berkah ini, memperbanyak ibadah, termasuk sholat sunnah Dhuha perlu dilaksanakan.

Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: Barangsiapa beribadah (menghidupkan) bulan Ramadhan dengan iman dan mengharap pahala, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR Bukhari dan Muslim).

Adapun pelaksanaan sholat Dhuha di bulan Ramadhan, yang dilansir iNews.id dari berbagai, Selasa (26/3/2024), akan diulas berikut ini.

Tata Cara Sholat Dhuha di Bulan Ramadhan

Tidak ada perbedaan dalam mengerjakan sholat dhuha di bulan Ramadhan dengan bulan-bulan lainnya. Sholat ini selalu diawali dengan niat dan takbiratul ihram serta diakhiri dengan salam.

Perihal jumlah rakaatnya, sholat dhuha dikerjakan paling sedikit dengan 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat. Pelaksanaannya bis dilakukan dengan dua rakaat satu salam atau empat rakaat satu salam.

Bacaan Niat Sholat Dhuha

1.Niat sholat Dhuha 2 rakaat

Ushalli sunnata dhuha rak'ataini mustaqbilal qiblati adaan lillahi ta'al.

Artinya: Aku niat sholat dhuha dua rakaat menghadap kiblat karena Allah Taala.

2. Niat sholat Dhuha 4 rakaat

Ushalli sunnata dhuha arba'q raka'atin mustaqbilal qiblati adaan lillahi ta'al.

Artinya: Aku niat sholat dhuha empat rakaat menghadap kiblat karena Allah Taala.

Doa Setelah Sholat Dhuha

Ini bacaan shahih setelah shalat Dhuha.

Dari Aisyah radhiyallahu anha, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam selesai shalat Dhuha, beliau mengucapkan,

ALLOHUMMAGHFIR-LII WA TUB ALAYYA, INNAKA ANTAT TAWWABUR ROHIIM (artinya: Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang) sampai beliau membacanya seratus kali. (HR. Bukhari dalam Al-Adab Al-Mufrad, no. 619. Syaikh Al-Albani mengatakan bahwa hadits ini sanadnya shahih.)

Keutamaan Sholat Dhuha di Bulan Ramadhan

Sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, ibadah yang dilakukan pada bulan Ramadhan dapat menjadi sarana memohon ampun kepada Allah Taala. Sementara itu, sholat Dhuha sendiri juga memiliki berbagai keutamaan, mendapat pahala haji dan umrah hingga memperlancar rezeki.

Keutamaan sholat dhuha tersebut tertuang dalam hadits dari Anas bin Malik, dimana Rasulullah SAW bersabda, Barangsiapa Shalat Subuh berjamaah lalu duduk berdzikir (mengingat) Allah sampai terbit matahari kemudian shalat 2 rakaat, maka baginya pahala seperti pahala haji dan umrah yang sempurna, sempurna, sempurna. (Hasan: Shahih At-Tirmidzi, no. 480, 586; Shahih At-Targhib wa AT-Tarhib, no. 464; Ash-Shahihah, no. 3403).


Itulah penjelasan sholat Dhuha di bulan Ramadhan. Semoga kita dapat mengejar ketertinggalan ibadah di bulan yang suci ini.

Topik Menarik