Bacaan Doa Allahumma Innaka Afuwwun Tuhibbul Afwa Fa'fu Anni Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahan

Bacaan Doa Allahumma Innaka Afuwwun Tuhibbul Afwa Fa'fu Anni Lengkap dengan Arab, Latin, dan Terjemahan

Gaya Hidup | inews | Rabu, 27 Maret 2024 - 19:19
share

JAKARTA, iNews.id - Doa Allahumma Innaka Afuwwun Tuhibbul Afwa Fa'fu Anni adalah salah satu bacaan yang kerap diamalkan di bulan Ramadhan, tepatnya selama malam Lailatul Qadar.

Menurut Aulia, pada bukunya yang berjudul 1001 Cara Dahsyat Melatih Anak, malam Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh dengan keberkahan dan ampunan. Bahkan, dinilai sebagai malam yang lebih baik dari seribu bulan.

Doa Allahumma Innaka Afuwwun Tuhibbul Afwa Fa'fu Anni bisa diamalkan kapan saja. Namun, ada satu waktu khusus yang disunnahkan, yakni 10 hari terakhir di bulan Ramadhan.

Doa Allahumma Innaka Afuwwun Tuhibbul Afwa Fa'fu Anni

Mengutip buku Panduan Ramadhan: Bekal Meraih Ramadhan Penuh Berkah, karya Ahmad, Selasa (26/3/2024), Aisyah Radhiallahu Anha berkata Allahumma Innaka Afuwwun Tuhibbul Afwa Fa'fu Anni merupakan salah satu doa yang diajarkan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam.

"Katakan padaku wahai Rasulullah, apa pendapatmu, jika aku mengetahui suatu malam adalah Lailatul Qadar. Apa yang aku katakan di dalamnya? Beliau menjawab, Katakanlah allahumma innaka afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu anni'." (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad).

Berikut lafadz doa Allahumma Innaka Afuwwun Tuhibbul Afwa Fa'fu Anni:

Latin: Allhumma innaka 'afuwwun karmun tuhibbul 'afwa, fa'fu 'ann.

Artinya: "Ya Allah sesungguhnya Engkau Maha Pemaaf lagi Maha Mulia yang menyukai permintaan maaf, maafkanlah aku."

Kapan Waktu Membaca Allahumma Innaka Afuwwun Tuhibbul Afwa Fa'fu Anni?

Berikut waktu-waktu utama yang dianjurkan untuk membaca doa Allahumma Innaka Afuwwun Tuhibbul Afwa Fa'fu Anni:

1. Setelah Sholat Tarawih

Menurut Jauhary (2020), dalam bukunya yang berjudul Anak Rajin Shalat, Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam tidak pernah absen mengamalkan bacaan doa Allahumma Innaka Afuwwun Tuhibbul Afwa Fa'fu Anni.

2. Setelah Shalat Fardhu di Bulan Ramadhan

Mengutip buku Di Balik Kabut Awan Bulan Purnama, karya Nurhadi (2015) doa Allahumma Innaka Afuwwun Tuhibbul Afwa Fa'fu Anni dianjurkan untuk dibaca minimal dibaca 3 kali setiap selesai shalat fardhu di bulan Ramadhan.

3. Malam Lailatul Qadar

Menurut Majid dalam buku Tiket ke Surga: Doa-Doa Mustajab, doa Allahumma Innaka Afuwwun Tuhibbul Afwa Fa'fu Anni bisa dibaca pada malam ganjil 10 hari terakhir, yakni pada tanggal 21, 23 25, 27, dan 29 Ramadhan.

Doa Malam Lailatul Qadar

Disunnahkan untuk mengamalkan doa pada malam Lailatul Qadar berdasarkan hadist yang diriwayatkan oleh Aisyah Radhiallahu Anha. Berikut haditsnya:

: : , ? : ": " ,

Artinya: "Dari sayyidah Aisyah r.a., ia bercerita, ia pernah bertanya, 'Wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu jika aku mengerti sebuah malam itu adalah Lailatul Qadar. Bagaimana doa yang harus kubaca?' Rasulullah SAW menjawab, 'Bacalah, Allhumma innaka afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'ann'." (HR lima imam Hadits kecuali Imam Abu Dawud. Dijelaskan bahwa hadits ini dianggap shahih oleh Imam At-Tirmidzi dan Al-Hakim).

Demikian ulasan mengenai doa Allahumma Innaka Afuwwun Tuhibbul Afwa Fa'fu Anni. Semoga bermanfaat!

Topik Menarik