Alya Rohali dan Zakat Terasa Begitu Damai dan Tenang

Alya Rohali dan Zakat Terasa Begitu Damai dan Tenang

Gaya Hidup | depok.inews.id | Selasa, 26 Maret 2024 - 13:31
share

JAKARTA, iNewsDepok.id - Di bulan Ramadhan 1445 Hijriah bagi Alya Rohali menjadi momen istimewa bagi dirinya untuk terus memperdalam ilmu agama, terkhusus yang membahas soal zakat.

Zakat adalah salah satu bagian kewajiban bagi kaum Muslim untuk menunaikan. Ilmu tentang zakat begitu luas sehingga memang harus serius dan konsisten mempelajarinya.

" Materi soal zakat ini sangat luas. Mungkin yang dikenal selama ini hanya zakat fitrah saja atau zakat mal 2,5 persen. Setelah saya pelajari ternyata banyak sekali tafsir tentang zakat," ujarnya saat menghadiri silaturahmi media dengan lembaga Inisiatif Zakat Indonesia (IZI) pada Senin, 25 Maret 2024 di Roemah Polonia, Jakarta. Dalam kesempatan itu hadir juga Direktur Utama (Dirut) Laznas IZI Wildhan Dewayana.

Bicara zakat bukan hanya zakat fitrah atau zakat mal saja, kata dia, ternyata sangat luas. Seperti zakat atas hasil penyewaan asset, zakat atas hasil jasa profesi. "Nah bagaimana hitungan-hitungannya ini juga kita harus perlu belajar," ujar Alya.

Alya mengaku mengenal IZI melalui kakaknya yang selalu menyalurkan zakatnya melalui lembaga ini.

"Ya saya tahu dari kakak setiap kali menunaikan zakat selalu ke IZI. Setiap tahun selalu begitu. Saya berfikir kalau setiap tahun kakak saya selalu menyalurkan zakat melalui IZI maka lembaga ini bisa dipercaya dan transparan," beber Alya Rohali

Setelah tahu tentang IZI, Alya Rohali pun menyalurkan zakat melalui lembaga ini. Sebelumnya, kata Alya Rohali dengan tersenyum, mengaku setiap kali menyalurkan zakat, ibunya yang selalu membantu.

"Mama saya itu tahu persis di lingkungan rumah kami mana warga yang memang harus mendapatkan zakat. Mama lah yang membantu selama ini," papar Alya Rohali

Namun agar terasa lebih berdampak zakat yang diberikan, Alya menyalurkan zakatnya melalui IZI, tapi untuk warga sekitar tetap diperhatikan.

"Zakat ini sangat besar manfaatnya, terutama zakat harta. Ini harus diperhatikan. Setelah bayar zakat saya lebih tenang dan damai.

Alya Rohali mengaku akan menyampaikan pesan baik ini secara perlahan-lahan kepada teman-teman selebriti lainnya. Mari sama-sama belajar soal soal zakat mempelajari tentang zakat lebih dalam lagi.

Sementara itu Direktur Utama (Dirut) Laznas IZI Wildhan Dewayana mengatakan pihaknya hingga saat ini masih terkonsentrasi terkait bantuan untuk warga korban banjir di Demak, Kudus dan Pati, Jawa Tengah.

Kami sudah mendirikan dapur umum untuk korban terdampak banjir, ujar Direktur Utama (Dirut) Laznas IZI Wildhan Dewayana di Jakarta, Senin (25/3/2024).

Ia mengaku, Laznas IZI akan mengawal terus kebutuhan para korban banjir di Demak, Kudus dan Pati hingga selesai masa kedaruratan. Setelah masa tanggap darurat selesai akan ada pembicaraan tentang bantuan apa yang tepat diberikan kepada warga

Topik Menarik