Tak Perlu Khawatir Lemas Saat Puasa, Konsumsi 5 Jenis Buah Ini Saat Sahur!

Tak Perlu Khawatir Lemas Saat Puasa, Konsumsi 5 Jenis Buah Ini Saat Sahur!

Gaya Hidup | bandungraya.inews.id | Minggu, 24 Maret 2024 - 20:10
share

BANDUNG, iNewsBandungraya.id - Dalam menjalani ibadah puasa, menjaga kesehatan dan stamina menjadi prioritas utama bagi umat Muslim di seluruh dunia. Namun, seringkali tantangan utama yang dihadapi adalah merasa lemas dan kehilangan energi saat berpuasa.

Buah-buahan merupakan pilihan yang sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur karena mengandung kombinasi nutrisi penting seperti vitamin, mineral, serat, dan air. Selain memberikan energi yang dibutuhkan untuk memulai hari, buah-buahan juga membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil selama berpuasa.

Kandungan serat dalam buah-buahan membantu menjaga pencernaan tetap lancar dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama, dan dengan memasukkan buah-buahan ke dalam menu sahur.

Anda dapat merasakan bahwa tubuh diberi nutrisi yang cukup untuk menjalani ibadah puasa dengan semangat penuh dan kesehatan yang optimal. Dan berikut adalah 5 Jenis buah yang bisa menjadi pilihan dikonsumsi saat sahur:

1. Alpukat

Alpukat kaya akan lemak sehat, terutama lemak tak jenuh tunggal yang membantu menjaga kenyang lebih lama dan memberikan energi tahan lama. Kandungan serat yang tinggi juga membantu menjaga pencernaan tetap lancar, sementara kandungan potasiumnya membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Anda bisa mencampurkan alpukat ke dalam smoothie atau segelas kecil jus alpukat dan menikmatinya saat sahur.

2. Semangka

Semangka mengandung banyak air, menjadikannya pilihan buah yang sangat baik untuk menjga tubuh terhidrasi selama berpuasa. Selain itu, semangka juga mengandung antioksidan seperti likopen, yang daat membantu melawan radikal bebas dan menjaga keshtan jantung.

Tak cuma lewat asupan serat, rasa kenyang juga bisa muncul dengan hidrasi yang cukup. Maka salah satu asupan yang bisa membantu adalah semangka yang umumnya mengandung 92 air. Sudah banyak penelitian mengemukakan, mengonsumsi cairang selama atau sebelum makan dapat membantu meningkatkan rasa kenyang.

3. Pisang

Pisang merupakan sumber yang kaya akan kalium, karbohidrat kompleks, dan serat. Kalium membantu mengatur tekanan darah dan kontraksi otot, sementara karbohidrat kompleks memberikan energi yang bertahan lebih lama. Serat dalam pisang membantu menjaga pencernaan dan memberikan rasa kenyang. 1 buah pisang mengandung 3,5 gram serat.

Jumlah serat tersebut bisa membantu terhadap kebutuhan selama seharian. Selain itu, pisang merupakan sumber pati resisten terbaik. Selain membantu lebih kenyang, jenis karbohidrat sehat ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

4. Jeruk

Jeruk itu kaya akan vitanin C, yang penting untuk menigkatkan sistem kekebalan tubuh dan melawan infeksi selama bulan puasa. Selain itu, jeruk juga mengandung banyak air dan serat larut seperti pektin, hemiselulosa, lignin, dan selulosa yang bisa membantu menjaga tubuh terhidrasi dan pencernaan tetap lancar.

5. Apel

Apel mengandung serat larut dan tidak larut yang membantu menjaga kesehatan pencernaan. Umumnya 1 buah apel berukuran sedang mengandung sekitar 4 gram serat. Serat ini juga memberikan rasa kenyang lebih lama, mengurangi risiko merasa lapar selama berpuasa. Apel juga mengandung antioksidan dan vitamin, menjadikannya tambahan yang baik untuk meningkatkan kesehatan selama bulan puasa.

Serat larut pektin dalam apel bisa memperlambat pencernaan dan meningkatkan rasa kenyang, dan kandungan serat itu juga bisa membantu kadar gula rendah. (*)

Topik Menarik