Takjil Toge Panyabungan Martondi, Minuman Segar Tanpa Bahan Pengawet

Takjil Toge Panyabungan Martondi, Minuman Segar Tanpa Bahan Pengawet

Gaya Hidup | medan.inews.id | Minggu, 24 Maret 2024 - 14:00
share

MEDAN, iNewsMedan.id - Toge Panyabungan Martondi yang beralamat di Jalan Letda Sujono, Medan ini merupakan salah satu makanan tradisional khas Panyabungan dan digemari warga untuk menu berbuka puasa.

Menu berbuka puasa yang kaya akan nutrisi ini ditaksir pada satu porsinya dengan harga Rp13.000 ribu per bungkus.

Toge Panyabungan adalah minuman segar yang terdiri dari lupis, cenil, pulut hitam, tapai, cendol, lalu disiram kuah santan dan gula aren. Tanpa adanya bahan pengawet Sebagai menu favorit untuk menu berbuka saat bulan Ramadhan bagi masyarakat di Mandailing Natal.

Elvi Suryani Nasution salah satu penjual Toge panyabungan yang berada di jalan. Letda Sudjono, mengatakan saat Bulan Ramadhan penjualannya drastis meningkat, Kamis (21/3/2024).

"Selama Ramadhan kita bisa menghabiskan kurang lebih 700 porsi perhari, dengan harga per porsinya Rp.13,000. Selain toge panyabungan kita juga menjual menu berbuka seperti jongkong, Serabi, pecal, kue basah dan juga gorengan. Kita buka jualan mulai dari jam 13:00 WIB siang hingga pukul 18:00 WIB Petang. Saat Ramadhan ini penjualan meningkat dan cepat habis," ujarnya.

Elvi juga mengatakan Toge panyabungan miliknya tidak mempunyai cabang, dan sudah berjualan selama 33 tahun.

"Untuk penjualan Toge Panyabungan Martondi kita tidak mempunyai cabang, Cuma satu disini saja dan kita sudah berjualan selama lebih kurang 33 tahun. Saya menjalankan usaha ini sebagai generasi ke -2 setelah Orangtua saya," jelasnya.

Dari pantauan dilapangan terlihat antusias warga membeli Toge panyabungan hingga ludes terjual di jam 16:00 WIB.

Pembeli bernama siti juga mengatakan setiap Bulan Ramadhan saya selalu membeli Toge Panyabungan sebagai menu berbuka Puasa.

"Setiap bulan Ramadhan saya selalu membeli makanan khas mandailing untuk menu berbuka puasa soalnya Toge Panyabungan martondi ini menggunakan bahan alami tanpa pakai pengawet dan saya selalu membeli disini saja," ucapnya.

Topik Menarik