Harus Dihindari, ini 5 Hal yang Dapat Menggugurkan Pahala Saat Puasa

Harus Dihindari, ini 5 Hal yang Dapat Menggugurkan Pahala Saat Puasa

Gaya Hidup | bandungraya.inews.id | Sabtu, 23 Maret 2024 - 16:10
share

BANDUNG, iNewsBandungRaya.id - Saat puasa kita tidak hanya dianjurkan untuk menahan lapar dan dahaga tetapi juga hawa nafsu. Selain itu ada juga beberapa perbuatan makruh yang dapat melunturkan pahala puasa.

Apa saja hal-hal yang bisa mengurangi pahala puasa? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut informasinya.

1. Bicara Hal yang Negatif

Berbicara mengenai hal negatif seperti ghibah, berbohong, bergunjing, berbicara kasar, dan bertengkar memang tak membatalkan puasa, tapi dapat mengurangi pahala yang didapat.

Hal ini disampaikan sabda Nabi Muhammad Saw:


:


Lima hal yang bisa membatalkan pahala orang berpuasa: membicarakan orang lain, mengadu domba, berbohong, melihat dengan syahwat, dan sumpah palsu (HR Ad-Dailami).

2. Mengeluh lapar dan haus

Saat berpuasa penting bagi kita untuk meneguhkan hati dalam beribadah. Oleh karena itu tidak dianjurkan bagi umat Islam tidak mengeluh terhadap apa pun, termasuk rasa lapar dan haus.

Untuk mencegah hal tersebut, berdzikir dan beribadah kepada Allah harus ditingkatkan saat menjalankan ibadah puasa.

3. Makan Berlebihan Saat Sahur Dan Buka

Menjaga hawa nafsu menjadi kewajiban umat Islam dalam berpuasa. Termasuk dari godaan makanan dan minuman saat bulan puasa.

Jangan sampai Anda membalas dendam dengan makan berlebih saat buka puasa, karena hal tersebut dapat menyebabkan ngantuk dan lalai terhadap ibadah lainnya.

4. Tidur Berlebihan

Sebagian orang kerap kali menghabiskan waktunya dengan tidur untuk menunggu buka puasa.
Namun, menghabiskan waktu berpuasa hanya untuk tidur bertentangan dengan yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Anda dianjurkan untuk tetap melakukan aktivitas seperti biasa selama berpuasa.

5. Memandang Lawan Jenis dengan Syahwat

Perilaku ini tidak hanya mengganggu konsentrasi dalam beribadah, tetapi juga mengundang godaan yang bisa membuat seseorang terjerumus dalam dosa-dosa yang tidak diinginkan. Maka dari itu kamu harus menjaga hawa nafsu saat sedang berpuasa.

Topik Menarik