5 Tips Panjang Umur dan Tetap Sehat hingga Usia Senja

5 Tips Panjang Umur dan Tetap Sehat hingga Usia Senja

Gaya Hidup | sindonews | Rabu, 20 Maret 2024 - 22:05
share

Ada beberapa tips sederhana yang dapat membantu memperpanjang umur dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Dengan mengikuti tips sederhana ini dan memelihara gaya hidup sehat secara keseluruhan, dapat meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang umur Anda.

Meskipun banyak orang sering berasumsi bahwa harus melakukan perubahan gaya hidup besar-besaran untuk panjang umur, David Wiener, Spesialis Pelatihan di aplikasi pelatihan kebugaran dan gaya hidup berbasis AI, Freeletics, memberikan lima penyesuaian gaya hidup sederhana yang efektif.

Tips Panjang Umur dan Tetap Sehat hingga Usia Senja

Berikut tips sederhana panjang umur dilansir dari Express, Rabu (20/3/2024).

Baca Juga: 5 Kebiasaan Malam Hari yang Bikin Panjang Umur, Perhatikan Jadwal Tidur

1. Jaga Otak Tetap Aktif

Wiener menjelaskan bahwa salah satu cara terbaik untuk menjaga kemampuan kognitif tetap tajam dan meningkatkan harapan hidup adalah dengan menjaga otak tetap aktif.

“Dengan menantang otak Anda dengan latihan mental, diyakini Anda dapat menjaga sel-sel otak individu dan merangsang komunikasi di antara mereka untuk membantu mereka bekerja lebih efektif,” kata Wiener.

Meskipun pekerjaan kebanyakan orang membuat mereka tetap aktif dan waspada secara mental, mempelajari hobi atau keterampilan baru, menjadi sukarelawan atau menjadi mentor adalah cara tambahan untuk menjaga pikiran Anda tetap tajam. Lebih khusus lagi, mempelajari bahasa juga terbukti sangat bermanfaat.

2. Pergi ke Luar

Mulai dari berjalan-jalan hingga berkebun, menghabiskan waktu di luar ruangan dapat meningkatkan kadar vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang, serta risiko penyakit jantung dan diabetes.

“Menghabiskan waktu di luar ruangan tidak hanya akan meningkatkan kadar vitamin D, tetapi juga dapat memberikan efek positif pada tidur Anda. Hal ini karena sinar matahari juga mengatur hormon lain dalam tubuh yang disebut melatonin yang mengontrol siklus tidur,” jelasnya.

Foto/Infografis SINDOnews

Baca Juga: 4 Resep Sarapan ala Orang Jepang yang Bikin Panjang Umur

3. Prioritaskan Tidur

Para ahli memperingatkan bahwa penelitian menunjukkan bahwa tidur kurang dari enam jam setiap malam secara konsisten meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke hampir dua kali lipat.

“Untuk memastikan Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak, cobalah membuat jadwal tidur, tidur pada waktu yang sama setiap malam dan bangun pada waktu yang sama setiap hari,” ujarnya.

“Pastikan juga Anda mematikan perangkat elektronik apa pun setidaknya satu jam sebelum tidur karena cahaya biru yang dipancarkan dari beberapa perangkat dapat menstimulasi otak dan membuat Anda tetap terjaga,” lanjutnya.

4. Kelola Stres

Stres memicu pelepasan hormon yang disebut kortisol, yang dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan penyimpanan lemak perut dalam jumlah tinggi. Yang mengkhawatirkan, kedua faktor ini dapat menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung dan memperpendek umur Anda.

“Stres dan kecemasan berada pada titik tertinggi sepanjang masa, jadi penting untuk melakukan perubahan gaya hidup yang signifikan yang dapat membantu Anda mengelola tingkat stres dan dalam jangka panjang mengurangi jumlah stres yang Anda alami,” ungkapnya.

“Untuk melawan efek stres, cobalah memperlambat dan hadir sepenuhnya dalam hidup Anda daripada mengkhawatirkan masa depan Anda. Ini benar-benar dapat membantu Anda menikmati hidup, bukan sekadar menjalaninya,” tambahnya.

5. Olahraga di Pagi Hari

Meskipun olahraga secara umum dapat membuat hidup lebih sehat, penelitian menunjukkan bahwa olahraga pagi dapat dikaitkan dengan pembakaran lebih banyak kalori dan lemak berlebih dibandingkan olahraga lainnya.

“Hal ini didukung oleh fakta bahwa oksidasi lemak secara alami terjadi di pagi hari, karena Anda tidak makan pertama di hari itu. Oksidasi lemak merupakan faktor besar dalam membantu Anda menurunkan berat badan, menjalani gaya hidup yang lebih sehat, dan mengurangi risiko diabetes,” pungkasnya.

Baca Juga: 5 Cara Panjang Umur dan Sehat hingga Tua, Salah Satunya Hindari Rokok

Topik Menarik