5 Vitamin yang Bantu Menjaga Kesehatan selama Puasa, Bantu Tetap Fit

5 Vitamin yang Bantu Menjaga Kesehatan selama Puasa, Bantu Tetap Fit

Gaya Hidup | sindonews | Rabu, 20 Maret 2024 - 07:00
share

Selama bulan puasa , konsumsi vitamin tertentu dapat membantu menjaga kesehatan dan keseimbangan nutrisi tubuh. Namun, kebutuhan akan vitamin bisa berbeda-beda antara satu individu dengan yang lain.

Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua orang memerlukan suplemen vitamin dan mineral selama bulan Ramadan. Sebab, sebagian besar kebutuhan nutrisi dapat dipenuhi melalui pola makan yang seimbang.

Karena itu, sebelum mengonsumsi suplemen vitamin, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan individu. Mereka dapat membantu menentukan dosis yang tepat.

Vitamin yang Bantu Menjaga Kesehatan selama Puasa

Berikut adalah beberapa vitamin yang bermanfaat untuk dikonsumsi selama bulan puasa dilansir dari Health Line, Rabu (20/3/2024).

Foto/Infografis SINDOnews

1. Vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh. Kebanyakan vitamin D diproduksi oleh tubuh saat terkena sinar matahari, namun selama bulan puasa, paparan sinar matahari bisa berkurang.

Maka dari itu, konsumsi suplemen vitamin D bisa menjadi pertimbangan. Terutama jika Anda memiliki sedikit paparan sinar matahari.

2. Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks, termasuk vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B6, B12, asam folat, dan lainnya, penting untuk energi yang sehat, fungsi sistem saraf, dan metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein.

Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin B kompleks atau suplemen vitamin B kompleks dapat membantu menjaga energi selama bulan puasa.

3. Vitamin C

Vitamin C memiliki peran penting dalam menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh melawan infeksi. Konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, stroberi, atau suplemen vitamin C dapat membantu menjaga kesehatan selama bulan puasa.

4. Zat Besi

Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia dan kelelahan. Jika Anda memiliki risiko kekurangan zat besi, terutama bagi wanita yang menstruasi, suplemen zat besi diperlukan untuk menjaga keseimbangan nutrisi selama bulan puasa.

5. Kalsium

Kalsium penting untuk kesehatan tulang dan gigi yang baik. Konsumsi makanan yang kaya akan kalsium seperti susu, keju, atau suplemen kalsium dapat membantu memastikan kecukupan nutrisi selama bulan puasa.

Topik Menarik