Fadhilah Sholat Tarawih Malam ke-9, Jangan Dilewatkan!

Fadhilah Sholat Tarawih Malam ke-9, Jangan Dilewatkan!

Gaya Hidup | inews | Selasa, 19 Maret 2024 - 19:05
share

JAKARTA, iNews.id - Fadhilah sholat Tarawih malam ke-9 perlu diraih. Sebagaimana yang telah diketahui, umat Muslim di Indonesia telah memasuki bulan Ramadhan sejak 11 Maret 2024, menurut laman Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Pada pagi hari, akan dilaksanakan ibadah puasa wajib. Sedangkan di malam harinya, umat Muslim akan meraih ridha Allah dengan menggelar sholat sunnah Tarawih.

Rasulullah SAW semasa hidupnya juga kerap melaksanakan sholat Tarawih. Hal itu sesuai dengan hadits Numan bin Basyir, Radhiyallahu anhu, di mana ia berkata, Kami melaksanakan qiyamul lail (tarawih) bersama Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam pada malam 23 bulan Ramadhan, sampai sepertiga malam. Kemudian kami shalat lagi bersama beliau pada malam 25 Ramadhan (berakhir) sampai separoh malam. Kemudian beliau memimpin lagi pada malam 27 Ramadhan sampai kami menyangka tidak akan sempat mendapati sahur. (HR. Nasai, Ahmad, Al Hakim. Shahih).

Orang yang melaksanakan sholat Tarawih karena Allah bahkan akan dihapuskan dosa-dosanya.

Sesungguhnya Ramadhan adalah bulan dimana Allah mewajibkan puasanya, dan sesungguhnya aku menyunnahkan qiyamnya untuk orang-orang Islam. Maka barang siapa berpuasa Ramadhan dan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka ia (pasti) keluar dari dosa-dosanya sebagaimana pada hari ia dilahirkan oleh ibunya. (HR : Ahmad, Ibnu Majah. Al Bazzar, Abu Yala dan Abdur Razzaq meriwayatkannya dari Abu Hurairah).

Selain keistimewaan tersebut, terdapat fadhilah yang berbeda di setiap malam bagi umat Muslim yang melaksanakan sholat Tarawih.

Fadhilah Sholat Tarawih Malam ke-9

Melansir dari laman NU Online, Selasa (19/3/2024), fadhilah sholat Tarawih pada malam ke-9 adalah diberikannya pahala ibadah sebagaimana para Nabi beribadah pada Allah. Hal itu tercantum dalam kitab Durratun Nashihin.

Adapun bunyi dari fadhilah sholat Tarawih pada malam ke-9 adalah sebagai berikut.



Artinya: Pada malam kesembilan, seakan-akan beribadah kepada Allah sebagaimana ibadahnya para Nabi.

Demikian Fadhilah sholat Tarawih malam ke-9. Dengan begitu, ibadah tersebut harus diamalkan dengan ikhlas agar keutamaanya dapat diperoleh.

Topik Menarik