Cara Mencegah Pertumbuhan Kista di Rahim, Berkaca Kasus yang Dialami Kiky Saputri

Cara Mencegah Pertumbuhan Kista di Rahim, Berkaca Kasus yang Dialami Kiky Saputri

Gaya Hidup | sindonews | Senin, 18 Maret 2024 - 21:05
share

JAKARTA - Cara mencegah pertumbuhan kista di rahim menjadi penting agar kehamilan menjadi lancar. Hal ini juga berkaca pada kasus yang dialami Kiky Saputri , di mana dia mengalami keguguran akibat kista.

"Sebenarnya faktor utama aku tuh ada kista, yang aku tahu dari sebelum aku hamil, enam bulan setelah aku menikah," tulis Kiky Saputri .

Dikutip clevelandclinic, kista ovarium adalah kantung berisi cairan atau bahan setengah padat yang terbentuk pada atau di dalam salah satu atau kedua ovarium. Ovarium Anda adalah organ kecil di panggul yang menampung sel telur dan membuat hormon, seperti estrogen dan progesteron.

Ada berbagai jenis kista ovarium, sebagian besar tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya (jinak). Biasanya kista ovarium tidak menimbulkan gejala. Anda mungkin tidak akan tahu bahwa Anda mengidapnya kecuali penyedia layanan kesehatan Anda menemukannya selama pemeriksaan panggul rutin atau prosedur pencitraan.

Siapa saja yang terkena kista ovarium?

Siapa pun yang memiliki ovarium dapat mengembangkan kista ovarium. Peluang Anda meningkat berdasarkan:

1. Usia Kista ovarium lebih sering terjadi jika Anda belum mengalami menopause.

2. Status kehamilan Kista lebih mungkin terbentuk dan menetap selama kehamilan.

3. Riwayat kista ovarium Anda lebih mungkin menderita kista ovarium jika Anda pernah mengalaminya sebelumnya.

4. Kondisi medis saat ini Anda lebih mungkin terkena kista ovarium jika Anda memiliki: endometriosis, masalah hormon atau jika Anda mengonsumsi obat untuk membantu ovulasi, seperti clomiphene.

Penyebab kista ovarium

Ovulasi adalah penyebab utama kista ovarium. Penyebab lainnya antara lain:Reproduksi sel yang tidak normal. Reproduksi sel yang tidak lazim dapat menyebabkan terbentuknya kista seperti dermoid dan kistadenoma.

Endometriosis. Kista ini sering terbentuk di ovarium pada stadium endometriosis lanjut.

Penyakit radang panggul. Infeksi panggul yang parah dapat menyebar ke indung telur dan menyebabkan kista.

Cara mengobati kista ovarium

Perawatan akan bergantung pada faktor-faktor seperti usia Anda, gejala yang Anda alami dan kemungkinan penyebab kista.

Layanan kesehatan mungkin memberi obat yang mengandung hormon (seperti pil KB) untuk menghentikan ovulasi dan mencegah pembentukan kista di masa depan.

Jika kista menimbulkan gejala dan semakin membesar, Anda mungkin memerlukan pembedahan untuk mengangkatnya. Jenis operasi tergantung pada ukuran kista dan tampilannya pada USG. Berbagai prosedur yang digunakan meliputi:

1. Laparoskopi Ini adalah prosedur di mana penyedia Anda memasukkan kamera kecil melalui sayatan kecil di perut Anda. Mereka melihat organ reproduksi dan rongga panggul Anda menggunakan perangkat tersebut. Kista ovarium dapat diangkat melalui sayatan kecil (kistektomi ovarium).

2. Laparotomi Penyedia layanan Anda mungkin melakukan prosedur ini jika kista sangat besar atau jika ada masalah lain.

Jika penyedia layanan Anda mencurigai adanya kanker, mereka mungkin berkonsultasi dengan spesialis kanker, atau ahli onkologi ginekologi, tentang pilihan pengobatan terbaik untuk Anda.

Biasanya, kista ovarium tidak berbahaya sehingga pencegahannya tidak perlu menjadi perhatian. Sebaliknya, catat gejala apa pun yang mungkin mengindikasikan kista dan beri tahu penyedia layanan kesehatan Anda tentang gejala tersebut.

Jadwalkan pemeriksaan panggul secara teratur sehingga penyedia layanan kesehatan Anda dapat menemukan kista yang memerlukan pengobatan.

Topik Menarik