5 Astronot Muslim Menjelajahi Luar Angkasa, Nomor 2 yang Pertama Solat, Puasa dan Lebaran

5 Astronot Muslim Menjelajahi Luar Angkasa, Nomor 2 yang Pertama Solat, Puasa dan Lebaran

Gaya Hidup | cirebon.inews.id | Senin, 18 Maret 2024 - 12:14
share

JAKARTA, iNewsCirebon.id - Telah ada ratusan astronot yang telah dikirim ke luar angkasa. Beberapa di antaranya adalah seorang Muslim.

Keberhasilan astronot Muslim mencapai antariksa bukan hanya merupakan kebanggaan bagi negara yang mengirimnya, tetapi juga umat Islam di seluruh dunia.

Tidak hanya satu atau dua orang, melainkan ada puluhan astronot Muslim yang tampaknya telah diterbangkan ke luar angkasa.

Berikut daftar astronot Muslim dikutip dari The Muslim Vibes:

1. Sultan Bin Salman Al Saud (Arab Saudi)

Sultan Bin Salman Al Saud adalah Muslim dan Arab pertama yang mengunjungi ruang angkasa pada 1985 sebagai spesialis muatan.

Spesialis muatan adalah astronot yang dilatih untuk mengoperasikan dan melakukan eksperimen pada misi ilmiah tertentu.

2. Sheikh Muszaphar Shukor (Malaysia)

Bagi sebagian orang nama Sheikh Muszaphar Shukor sudah tidak asing lagi. Astronot asal Malaysia ini, melakukan eksperimen berkaitan karakteristik dan pertumbuhan sel kanker hati dan leukemia.

Perjalanannya bertepatan dengan Shahr Ramadhan, yang membuatnya menjadi Muslim pertama yang berpuasa dan merayakan Idul Fitri di luar angkasa. Shukor juga mendemonstrasikan bagaimana dia solat di luar angkasa.

3. Aidyn Aimbetov (Kazakhstan)

Aidyn Aimbetov adalah astronot Muslim yang menjelajah ke luar angkasa pada 2 September 2015 dengan Soyuz TMA-18M. Dia memantau lingkungan dan geofisika di area kritis ekologis di Kazakhstan. Misi Aidyn berlangsung selama sepuluh hari.

Ketika ditanya tentang pengalamannya berada di luar angkasa, Aidyn berkata bahwa ia melihat bintang jatuh yang begitu dekat, menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

4. Hazza al-Mansoori (United Arab Emirates)

Hazza al-Mansoori sebelum menjadi astronot dikenal sebagai pilot pesawat tempur Angkatan Bersenjata Uni Emirat Arab. Pada September 2019, Al Mansoori diterbangkan ke luar angkasa sebagai astronot dengan penerbangan luar angkasa Soyuz MS-15.

Hazza meluncur dalam perjalanan enam jam ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Dia menjalankan misi di ISS selama delapan hari. Ada banyak misi yang dilakukan salah satunya adalah mengambil foto Ka'bah dari luar angkasa.

5. Anousheh Ansari (Iran)

Anousheh adalah perempuan muslim pertama yang menjelajahi alam semesta, sekaligus menjadi satu-satunya orang Iran yang berhasil ke luar angkasa. Anousheh awalnya hanya tim cadangan, namun ditugaskan menjadi tim utama.

Topik Menarik