Selama Libur Lebaran, 1 Juta Wisatawan Diprediksi Bakal Serbu Kota Batu, Ini Alasannya

Selama Libur Lebaran, 1 Juta Wisatawan Diprediksi Bakal Serbu Kota Batu, Ini Alasannya

Gaya Hidup | surabaya.inews.id | Minggu, 17 Maret 2024 - 14:24
share

SURABAYA, iNewsSurabaya.id Pemerintah Kota (Pemkot) Batu mempersiapkan diri menghadapi libur Lebaran 2024. Pasalnya, diprediksi sebanyak 1 juta wisatawan akan mengunjungi Kota Apel tersebut.

Pj Wali Kota Batu, Aries Agung Paewai tidak menampik bahwa, Batu menjadi salah satu tujuan wisata warga untuk mengisi libur Lebaran. Baik dari Jawa Timur (Jatim) maupun luar Jatim.

Kami prediksi selama libur Lebaran jumlah kunjungan wisatawan yang ke Batu sekitar 1 juta, katanya saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Minggu (17/3/2024).

Untuk itu, pihaknya bersama sejumlah pihak terkait telah melakukan sejumlah antisipasi, terutama terkait kemacetan lalu lintas. Salah satunya dengan membuka jalur-jalur alternatif yang menuju Kota Batu.

Seperti dari Blitar, Kediri, Jombang dan juga Pasuruan. Kita siapkan jalur alternatif, ujarnya.

Aries mendorong agar pelaku usaha pariwisata bisa menyajikan obyek wisata yang berbeda dibanding tahun lalu. Sehingga, wisatawan akan merasakan pengalaman berbeda dari sebelumnya. Di Batu sendiri, ada banyak sekali obyek wisata, baik itu wisata alam, wisata buatan hingga wisata desa.

Yang sekarang lagi tren adalah camping ground. Jadi wisatawan tidak menginap di hotel, tapi bermalam di obyek alam, ujar Aries.

Terkait dengan kondisi cuaca, Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Jatim ini memastikan tidak akan mengurangi jumlah wisatawan yang berkunjung ke Batu. Sebab, wisata di Batu tidak hanya outdoor, tapi juga indoor.

Jadi ada banyak alternatif wisata. Dan prediksi kita, wisatawan yang ke Batu, tidak satu hari, tapi biasanya sampai tiga hari, ujarnya.

Diketahui, target kunjungan wisatawan ke Kota Batu pada 2024 dipatok naik di angka 12 juta wisatawan. Hal ini mengacu pada angka kunjungan wisatawan pada 2023 yang berhasil tembus target 10 juta orang.

Topik Menarik