Inilah 6 Perguruan Pencak Silat di Indonesia yang Paling Ditakuti

Inilah 6 Perguruan Pencak Silat di Indonesia yang Paling Ditakuti

Gaya Hidup | ciamisraya.inews.id | Minggu, 17 Maret 2024 - 12:44
share

JAKARTA, iNewsCiamisRaya.id - Di Indonesia, ada banyak perguruan pencak silat yang dikenal karena kehebatan dan kemampuan luar biasa dari para petarungnya. Enam diantaranya merupakan perguruan pencak silat paling ditakuti di Tanah air.

Pencak silat merupakan aliran bela diri asli Indonesia yang memiliki sejarah panjang. Praktik pencak silat telah ada sejak berabad-abad yang lalu dan menjadi bagian integral dari budaya dan tradisi Indonesia. Pada masa lampau, pencak silat digunakan untuk perlindungan diri dari serangan musuh.

Oleh sebab itu, Gerakan-gerakan dalam seni bela diri pencak silat bertujuan untuk melumpuhkan lawan. Bahkan, gerakannya dapat membunuh lawan dalam waktu yang singkat.

Pencak silat terus mengalami perkembangan seiring berjalannya waktu. Satu per satu aliran bela diri pencak silat pun lahir di berbagai daerah di Indonesia. Data yang dilansir dari laman Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) menunjukkan bahwa jumlah perguruan pencak silat di Indonesia saat ini, mencapai 840 perguruan.

Dari sekian banyaknya perguruan pencak silat yang ada di Indonesia, terdapat beberapa perguruan besar yang sangat ditakuti. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini 6 perguruan pencak silat paling ditakuti di Indonesia.

Perguruan Pencak Silat Paling Ditakuti

1. Pencak Silat IKS PI


Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKS PI) adalah salah satu perguruan pencak silat yang terkenal asal Madiun, Jawa Timur. Perguruan ini terkenal karena mengombinasikan gerakan pencak silat tradisional Indonesia dengan teknik-teknik Kung Fu dari China.

Karenanya, gerakan bela diri ini terkenal sangat cepat dan mematikan. Selain itu, jumlah anggota yang sangat banyak juga menjadi faktor lain yang membuat perguruan pencak silat ini sangat ditakuti.

2. Pencak Silat Tapak Suci


Pencak Silat Tapak Suci adalah perguruan pencak silat yang berada di bawah naungan Muhammadiyah. Perguruan ini juga memiliki peran penting dalam sejarah Indonesia, terutama pada masa perjuangan melawan pemberontakan dan aksi PKI (Partai Komunis Indonesia) pada tahun 1960-an. Oleh karena itu, bela diri ini sangat disegani di Indonesia.

3. Pencak Silat Pagar Nusa

Sama seperti Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama (NU) juga memiliki perguruan pencak silat bernama Pagar Nusa. Pencak silat ini dikenal karena perannya di masa lalu yang turut serta memberantas PKI di Jawa Timur. Oleh karenanya, perguruan ini disegani di Indonesia.

4. PPS Betako Merpati Putih

Perguruan Pencak Silat (PPS) Beladiri Tangan Kosong (Betako) Merpati Putih merupakan salah satu perguruan pencak silat terbesar di Indonesia. Anggotanya saat ini mencapai jutaan orang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Tidak hanya itu, PPS Betako Merpati Putih juga menjadi aliran silat yang diajarkan pada prajurit TNI dan Polri. Karena hal ini, perguruan pencak silat ini sangat disegani baik di dalam maupun luar negeri.

5. Pencak Silat Cimande

Perguruan pencak silat aliran Cimande merupakan salah satu aliran silat tertua di Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Kekuatan aliran silat ini diadaptasi dari gerakan alam dan hewan sehingga sangat mematikan. Oleh sebab itu, silat ini juga ditakuti.

6. Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)


Persaudaraan Setia Hati Terate atau yang disingkat PSHT merupakan organisasi pencak silat terbesar di Indonesia. Anggotanya mencapai jutaan orang yang tersebar di berbagai cabang di seluruh wilayah Indonesia.

PSHT dikenal dengan semboyannya Ngalah, Ngaleh, Ngamuk yang artinya, setiap pendekar harus mengalah lebih dahulu sebelum menggunakan ilmunya untuk melawan. Dengan jumlah anggotanya yang luar biasa banyak, tak ayal PSHT sangat ditakuti.

Demikianlah 6 perguruan pencak silat di Indonesia yang paling ditakuti.

Artikel ini telah diterbitkan di halaman Okezone dengan judul "6 Perguruan Pencak Silat Paling Ditakuti di Indonesia, Nomor 1 Kombinasikan Gerakan Kung Fu!"

Topik Menarik