Waspada Ancaman Wabah PPR, Peternak Sumedang Diimbau Jaga Kebersihan Kandang

Waspada Ancaman Wabah PPR, Peternak Sumedang Diimbau Jaga Kebersihan Kandang

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 9 Juni 2023 - 09:45
share

SUMEDANG, iNewsBandungRaya.id - Penyakit pada hewan ternak belakangan ini terus bermunculan. Setelah kasus PMK dan LSD yang menyerang sapi dan kerbau, kini muncul penyakit baru yaitu Peste des Petits Ruminants (PPR) yang menyerang domba dan kambing.

Meskipun kasus PPR belum ditemukan di Kabupaten Sumedang, namun Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Sumedang sudah mulai mengantisipasi dengan cara menghimbau dan mengingatkan para peternak terhadap kemungkinan adanya serangan penyakit PPR ini.

Kepala Diskanak Sumedang, Tono Suhartono mengatakan, saat ini pihaknya sudah mulai mensosialisasikan pada masyarakat terkait PPR ini sehingga masyarakat menjadi paham dan tahu cara antisipasinya.

Begitu ada informasi terkait PPR kami langsung sosialisasi kepada masyarakat melalui petugas kami dilapangan sehingga peternak bisa antisipasi, kata Tono, Kamis (8/6/2023).

Menurutnya, PPR ini penyakit yang disebabkan oleh virus dan umumnya menyerang kambing dan domba. Adapun gejala yang terlihat saat kambing ataupun domba terserang adalah demam, ingusan (bahkan yang sudah parah ingusnya berwarna hijau), nafsu makan berkurang hingga menyebabkan domba dan kambing menjadi kurus.

Bila ada kambing ataupun domba yang terserang PPR ini sebaiknya lekas dipisah karena khawatir menyebar ke hewan lalinnya dan segera lapor ke petugas kesehwatan hewan terdekat, jelasnya.

Sebagai langkah pencegahan, kata Tono, diharapkan peternak tetap menjaga kebersihan kandang dan melakukan penyemprotan disinfektan.

Topik Menarik