Forum Soekarnois Bakal Helat Bulan Inspirasi Bung Karno

Forum Soekarnois Bakal Helat Bulan Inspirasi Bung Karno

Gaya Hidup | BuddyKu | Jum'at, 2 Juni 2023 - 08:35
share

Jakarta, Gatra.com Berbagai kelompok yang tergabung dalam Forum Soekarnois akan menghelat Bulan Inspirasi Bung Karno untuk menyambut Bulan Bung Karno yang jatuh pada bulan Juni ini.

Bahroji dari Forum Soekarnois di Jakarta, Jumat (2/6), mengatakan, acara yang akan berlangsung untuk kali ketiga tersebut akan menghadirkan berbagai kegiatan pengejawantahan internalisasi ide, gagasan, dan konsep kebudayaan dari Bapak proklomator Indonesia ini.

Untuk tahun 2023 ini tema yang kita angkat adalah Berkpribadian Dalam Budaya Berorientasi Pada Kreativitas, kata Bahroji dalam keterangan pers.

Ia menyampaikan, budaya merupakan kekuatan lunak yang bisa menjadi alat pemersatu bangsa dan tameng dalam mengatasi berbagai krisis dan kompetisi global.

Sedari awal, Bung Karno telah menyebut budaya sebagai elemen Trisakti yang dirumuskannya, ujarnya.

Mahasiswa SKSG Universitas Indoneisa (UI) ini lebih lanjut menyampaikan, di tengah situasi politik yang hangat saat ini, seluruh elemen perlu mengingat kembali kiprah tokoh-tokoh bangsa dalam menyatukan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Pancasila sebagai dasar negara.

Bung Karno merupakan sosok yang memiliki karakter kuat dalam mengusung kebhinekaan dan pluralisme. Kontemplasi dan pergulatannya yang panjang telah melahirkan fondasi ideologi bangsa, yakni Pancasila.

Ia menyatakan, Forum Soekarnois sepakat bahwa Pancasila sebagai buah pemikiran Soekarno adalah hasil pergulatan yang disepakati oleh para tokoh bangsa negeri ini. Pihaknya akan fokus pada diskursus ide dan gagasan para pendiri bangsa.

Peringatan Bulan Inspirasi Bung Karno, lanjut Bahroji, adalah upaya untuk menteladani buah pemikiran Bung Karno. Tahun ini, kegiatan akan digelar di beberapa daerah, yakni Makassar, Sulawesi Selatan; Bandung, Jawa Barat (Jabar); Banten, dan Jakarta.

Rangkaian kegiatannya terdiri dari Pasar Gotong Royong, Lomba Pidato Kebangsaan, Dzikir, Pameran Seni Rupa, Dialog Kebangsaan, dan berbagai kegiatan lainnya.

Glorifikasi tentang nilai-nilai Pancasila dan Kebangsaan harus terus dilakukan agar masyarakat Indonesia mengingat pentingnya Kebhinekaan ini, kata Bahroji.

Tahun lalu kegiatan Pasar Gotong Royong ini telah melibatkan ratusan masyarakat di Banten dan rencananya tahun ini akan digelar di dua titik, yakni di Sukabumi, Jawa Barat; dan Pandeglang. Kegiatan ini juga melibatkan Sultan Tv, YouthLab, SelowFood, Kedai Pancasila, dan Madzelis Dzikir Pancasila.

Topik Menarik