Ini Kebiasaan yang Picu Bau Mulut saat Berpuasa

Ini Kebiasaan yang Picu Bau Mulut saat Berpuasa

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 22 Maret 2023 - 14:52
share

JAKARTA, iNews.id - Ramadhan akhirnya datang. Selama sebulan penuh umat Islam akan berpuasa. Nah, saat menjalankan puasa ini kandang timbul bau mulut yang membuat tidak nyaman.

Dokter gigi drg Ary Agustanti, M.Kes mengatakan beberapa kondisi dan kebiasaan tertentu bisa memicu munculnya bau mulut saat berpuasa. Salah satu kebiasaan yang bisa menyebabkan bau mulut saat berpuasa adalah kurangnya minum air mineral sehingga membuat mulut kering dan cenderung lebih asam.

Saat bulan puasa sangat penting untuk menjaga hidrasi. Kita cukup minum pada saat sahur dan buka puasa, ujar drg Ary Agustanti, Selasa (21/3/2023).

Menurut dokter lulusan Universitas Indonesia (UI) selain kurangnya air minum, pembersihan gigi yang tidak optimal juga bisa memicu bau mulut. Ini terjadi karena plak atau karang yang berasal dari sisa makanan yang menumpuk hingga akhirnya berkembang menjadi bakteri penyebab bau mulut, ucapnya.

Bau mulut ini bisa lebih parah jika ada infeksi yang dibiarkan. Ini termasuk gigi berlubang dengan sisa makanan yang dibiarkan menempel di celah gigi dalam durasi yang cukup lama.

Kondisi mulut yang kering dan adanya karang gigi dapat memudahkan terjadinya radang gusi. Selain itu, gigi yang sudah berlubang bisa menjadi semakin berlubang karena kondisi mulut yang kering dan asam, ucapnya.

Sementara itu dokter gigi spesialis prostodonsia drg Inge Paramitha, Sp.Pros menambahkan kebiasaan merokok juga dapat berujung pada kondisi bau mulut yang tidak sedap.

Asap rokok dapat menimbulkan rongga mulut kering dan lebih asam. Selain itu, rokok juga mengandung nikotin dan tar yang bisa memudahkan pembentukan karang gigi, ujarnya.

Asap rokok yang dihisap itu kan, pertama panas jadi rongga mulutnya kering. Kedua, karena kandungan di dalam rokok itu kan ada nikotin dan tar yang akan bikin stay di gigi, ucap Inge.

Menurutnya semua jenis makanan terutama makanan yang berbau tajam sebenarnya memiliki potensi untuk menimbulkan bau mulut. Namun ini bisa dicegah selama seseorang tetap menjaga kebersihan gigi dan mulut selama berpuasa.

Yang paling penting itu menjaga kebersihan mulut sama konsumsi air putih yang cukup. Sikat gigi yang dilakukan secara tepat perlu dilakukan sehingga sisa makanan di celah-celah gigi dapat hilang sepenuhnya. Adapun waktu wajib yang dianjurkan untuk sikat gigi pada bulan Ramadhan yaitu sebelum tidur dan setelah makan sahur, katanya.

Topik Menarik