Banjir Bandang Cianjur Rusak Puluhan Rumah dan Fasilitas Umum

Banjir Bandang Cianjur Rusak Puluhan Rumah dan Fasilitas Umum

Gaya Hidup | BuddyKu | Selasa, 21 Maret 2023 - 11:31
share

BANDUNG, iNews.id - Banjir bandang yang menerjang Kabupaten Cianjur pada Senin (20/3/2023) petang merusak puluhan rumah dan fasilitas umum. Saat ini, kondisi banjir mulai surut.

Laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi (BPBD) Jawa Barat, banjir di Cianjur terjadi sejak pukul 16.10 WIB.

Banjir tersebut telah menyebabkan enam kecamatan terendam. Di antaranya Kecamatan Pacet, Cugenang, Cianjur, Sukaresmi, dan lainnya.

Penyebab kejadian banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi. Namun kondisi saat ini sudah surut. Saat ini sedang dilakukan pembersihan, kata Kasi Kedaruratan BPBD Provinsi Jawa Barat Hadi Rahmat H, Selasa (21/3/2023).

Data sementara, banjir tersebut telah menyebabkan kerusakan dua unit rumah dan sejumlah rumah terdampak masih dalam assesment di Desa Cipendawa.

Di Desa Cijedil 50 unit rumah terdampak, 6 unit hunian sementara (huntara) terbawa arus dua di antaranya rusak. Satu unit tempat ibadah juga terdampak.

Di Desa Pakuon satu unit fasilitas umum rusak berat. Jembatan penghubung Jukut Siil dan babakan Hilir juga rusak.

Korban jiwa tidak ada. Namun belasan warga di beberapa desa mengungsi, ujar Hadi Rahmat H.

Saat ini, PBD Provinsi Jawa Barat berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Cianjur, masyarakat terdampak, dan melaksanakan asesmen ke lokasi kejadian.

Diberitakan sebelumnya, banjir bandang yang menerjang lokasi pengungsian korban gempa bumi di Kabupaten Cianjur, membuat hidup warga semakin menderita. Mereka sangat membutuhkan bantuan.

Tumpukan lumpur yang terbawa banjir pada Senin (20/3/2023) petang tersebut, menutupi jalan-jalan desa. Kondisi tersebut menyulitkan warga untuk beraktivitas.

Selain itu, banjir bandang akibat Sungai Cibalagung meluap seusai diguyur hujan deras selama lebih dari 3 jam itu, juga menghanyutkan perabotan milik warga.

Yang masih bisa diselamatkan, kotor oleh lumpur. Saat ini, warga membersihkan perabotan rumah tangga.

Banjir juga menyebabkan lima tenda pengungsian korban gempa bumi roboh di Kampung Gunungan Panjung Dua, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur.

Topik Menarik