Proses Naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick Dijamin Selesai Tepat Waktu

Proses Naturalisasi Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick Dijamin Selesai Tepat Waktu

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 20 Maret 2023 - 20:04
share

JAKARTA - Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum Cahyo Rahadian Muzhar, optimistis proses naturalisasi tiga pemain Timnas Indonesia U-20 bakal rampung tepat waktu. Cahyo tidak ingin kerja keras semua pihak berujung sia-sia.

Untuk diketahui, Komisi X dan Komisi III DPR RI telah menyetujui permohonan naturalisasi tiga pemain keturunan. Ketiga pemain tersebut adalah Justin Hubner, Ivar Jenner, dan Rafael Struick. Keputusan tersebut diputuskan pada hari ini, Senin (20/3) di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta Pusat.

Selanjutnya, proses tiga pemain tersebut akan masuk ke sidang paripurna yang rencananya digelar besok, Selasa (21/3/2023). Cahyo membeberkan lebih lanjut tahapan-tahapan yang akan dilalui Justin, Ivar, dan Rafael hingga resmi bisa menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Rafael Struick termasuk salah satu pesepakbola yang pindah negara jelang Piala Dunia U-20 2023. (Foto: PSSI).

"Tentunya yang kita harapkan karena sudah disetujui dengan Komisi III dan X, besok paripurna, kemudian tinggal ada proses internal di pemerintah yang harus dilalui," kata Cahyo kepada awak media termasuk MNC Portal Indonesia, Senin (20/3/2023).

"Pertama nanti dari Sektetariat Negara, kemudian kembali ke Kemenkumham, kemudian proses koordinasi dengan Kemendagri. Kan harus diterbitkan KTP. Kemudian juga nanti penyumpahan dulu kan sebelum penerbitan KTP dan dokumen terkait," lanjutnya.

Tak ingin proses naturalisasi tersebut mangkrak, Cahyo menegaskan pihaknya akan terus mengawal. Mereka menegaskan bahwa telah berkoordinasi dengan kementerian maupun lembaga terkait agar proses naturalisasi Justin, Ivar, Rafael tidak berjalan sia-sia.

"Cukup. Insyaallah kita percaya diri. Kami tentu tidak mau kerja keras dari pihak lain dan DPR jadi sia-sia," ungkap Cahyo.

"Tentu kami sudah koordinasikan dengan kementerian lembaga terkait. Ini sudah keputusan pemerintah saat mengajukan nama-nama ini untuk dinaturalisasi. Jadi pemerintah sendiri sudah siap dengan tahapan tahapan yang harus dilalui dan tentunya tanggung jawab dari masing-masing kementerian lembaga," pungkasnya.

Proses naturalisasi Justin, Ivar, dan Rafael memang wajib dikebut. Pasalnya, tiga pemain ini diproyeksikan untuk tampil di Piala Dunia U-20. Saat ini mereka juga dipanggil oleh Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023 mendatang.

Topik Menarik