Pengertian Pameran: Unsur, Jenis, Tujuan dan Manfaat

Pengertian Pameran: Unsur, Jenis, Tujuan dan Manfaat

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 12:04
share

JAKARTA, celebrities.id - Pengertian pameran dapat menambah wawasan kita terkait kegiatan publikasi yang bertujuan untuk mempromosikan suatu proses atau produk.

Kegiatan pameran sering kita jumpai di beberapa tempat yang menyajikan karya-karya seni rupa atau display produk. Pameran ada beberapa jenis dengan lama waktu penyelenggaraan yang berbeda-beda.

Dilansir dari berbagai sumber pada Rabu (4/1/2023), celebrities.id telah merangkum pengertian pameran sebagai berikut.

Pengertian Pameran

Melansir dari laman Kemdikbud, pameran adalah pertunjukan seni atau produk yang diselenggarakan di galeri seni, museum atau pameran. Adapun pengertian lain dari pameran adalah kegiatan mempersembahkan karya seni, barang atau produk menarik kepada khalayak untuk diapresiasikan oleh masyarakat.

Sementara mengutip dari buku Pendidikan Sosial dan Budaya, pameran adalah bentuk usaha jasa pertemuan yang mempertemukan antara produsen dan pembeli. Dalam buku tersebut dijelaskan juga pengertian pameran sebagai kegiatan promosi yang dilakukan oleh suatu produsen, kelompok, organisasi, perkumpulan tertentu dalam bentuk menampilkan display produk kepada calon relasi atau pembeli.

Unsur Pameran

Pameran memiliki unsur-unsur yang mendukung dalam penyelenggaraan kegiatan tersebut. Berikut ini unsur-unsur pameran yang harus kamu ketahui.

1. Pameran memiliki objek atau benda yang akan dipamerkan.
2. Pameran juga harus memiliki pengaturan display atau penyajian yang baik.
3. Pameran diselenggarakan untuk publik.
4. Tidak hanya barang, pameran juga harus mengkomunikasikan ide atau informasi.
5. Penyelenggaraan pameran karena adanya maksud dan tujuan tertentu.

Tujuan Pameran

Pameran diselenggarakan karena memiliki tujuan tertentu. Dikutip dari laman Kemdikbud, berikut ini beberapa tujuan pameran.

1. Tujuan Komersial

Tujuan pertama dari kegiatan pameran yaitu untuk komersial. Produk yang disajikan dalam pameran tujuannya supaya dibeli oleh masyarakat. Biasanya hasil penjualan pameran akan disumbangkan untuk kemanusiaan.

2. Tujuan Kemanusiaan

Selain untuk komersial, diadakannya pameran untuk tujuan kemanusiaan. Hasil dari penjualan produk dari pameran akan disumbangkan dengan tujuan kemanusiaan seperti panti asuhan dan korban bencana alam.

3. Tujuan Sosial

Selanjutnya diadakannya pameran bertujuan untuk kepentingan sosial. Hasil penjualan nantinya akan diserahkan dan dibagikan untuk kepentingan sosial.

Jenis-Jenis Pameran

Dikutip dari laman Kemdikbud, jenis pameran dibagi menjadi tiga yaitu:

1. Pameran Tetap

Pameran tetap merupakan pameran yang menyajikan koleksi dari Galeri Nasional. Pameran tetap biasanya dilaksanakan secara periodik misalnya 6 bulan sekali atau satu tahun sekali.

2. Pameran Temporer

Pameran temporer merupakan pameran yang diselenggarakan secara tunggal dalam jangka waktu tertentu. Pameran ini biasanya diselenggarakan minimal 10 hari dan maksimal 30 hari.

3. Pameran Keliling

Pameran keliling merupakan pameran yang diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia dengan kerjasama bersama pihak lai. Pameran ini menyajikan koleksi seni dari Galeri Nasional Indonesia atau dari luar negeri.

Manfaat Pameran

Selain memahami tujuan dan jenis pameran, kamu juga harus mengetahui manfaat diselenggarakannya pameran. Adapun manfaat pameran sebagai berikut.

1. Sebagai sarana seniman dan pencipta karya mengembangkan kemampuan karya seni supaya lebih berkualitas.
2. Sebagai sarana untuk mengapresiasi hasil karya orang lain.
3. Membantu masyarakat untuk mengevaluasi hasil karya secara objektif.
4. Memberi kesempatan dan pengalaman bagi pencipta karya seni.
5. Sebagai sarana penyegaran jika dan relaksasi.

Topik Menarik