Waspada 6 Makanan dan Minuman Pemicu Migrain, di Antaranya Jenis Beku dan Asin

Waspada 6 Makanan dan Minuman Pemicu Migrain, di Antaranya Jenis Beku dan Asin

Gaya Hidup | BuddyKu | Rabu, 4 Januari 2023 - 11:44
share

JAKARTA, iNewsMalang.id - Siapa saja dan kapan saja bisa mengalami seranganmigrain. Namun, ada beberapa makanan atau minuman yang dapat dikambing hitamkan sebagai penyebabnya.

Menurut Migraine Research Foundation, dikutip dari Healthline pada Rabu (4/1/2022), makanan yang memicu migrain hanya dapat terjadi jika dikombinasikan dengan pemicu lainnya.

Akan tetapi, kombinasi dan pemicu apapun secara umum sifatnya sangat individual, sehingga membuat penelitian menjadi sulit.

Ya, sebenarnya tidak ada yang namanyapemicu migrainuniversal. Namun, ada jenis makanan dan minuman yang dapat menjadi pemicu umum munculnya migrain pada beberapa orang.

Jenis Makanan dan Minuman Pemicu Migrain

1. Kafein

Manfaat Kesehatan Minum Kopi Setiap Hari, Jaga Kesehatan Jantung hingga Kurangi Risiko Diabetes. (Foto:celebrities.id/ Freepik)

Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan migrain atau sakit kepala. Meski demikian, menurut American Migraine Foundation, kafein sebenarnya dapat membantu menghentikan serangan migrain yang akan datang. Kafein juga dapat meredakan sakit kepala saat dikonsumsi sesekali.

Makanan dan minuman dengan kafein ini seperti kopi, teh, atau cokelat.

2. Pemanis buatan

Banyak makanan olahan mengandung pemanis buatan. Pemanis buatan adalah alternatif gula yang ditambahkan ke makanan dan minuman untuk menambah rasa manis.

Sayangnya, pemanis ini bisa menyebabkan migrain. Aspartam khususnya dianggap memicu episode migrain.

3. Alkohol

Alkohol adalah salah satu produk yang lebih umum diduga memicu migrain. Berdasarkan sebuah studi, lebih dari 35 persen peserta dengan migrain melaporkan bahwa alkohol adalah salah satu pemicu umum terjadinya migrain.

Anggur merah khususnya dilaporkan sebagai pemicu pada lebih dari 77% peserta yang melaporkan alkohol sebagai pemicu.

Alkohol dapat menyebabkan dehidrasi, yang merupakan penyebab signifikan dalam mengembangkan sakit kepala.

4. Cokelat

Menurut American Migraine Foundation, cokelat dianggap sebagai pemicu paling umum kedua serangan migrain setelah alkohol.

Cokelat mengandung kafein dan beta-phenylethylamine, yang dapat memicu sakit kepala pada beberapa orang.

5. Makanan beku atau frozen food

Mengonsumsi makanan dan minuman beku seperti es krim atau slushies dapat memicu rasa sakit yang menusuk di kepala.

Contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing, jualan frozen food hingga bisnis budidaya. (Foto:celebrities.id/Freepik)

Anda kemungkinan besar mengalami serangan migrain jika Anda makan makanan dingin dengan cepat, setelah berolahraga, atau saat kepanasan.

6. Makanan asin

Makanan asin terutama makanan olahan asin yang mungkin mengandung pengawet berbahaya dapat memicu migrain pada beberapa orang.

Mengkonsumsi natrium dalam kadar tinggi dapat meningkatkan tekanan darah, menyebabkan sakit kepala atau serangan migrain.

Pencegahan

Episode migrain bisa menyakitkan dan mengganggu hidup Anda. Namun, dengan beberapa perubahan gaya hidup dan kebiasaan yang dilakukan dapat membantu untuk mencegahnya.

Pencegahan yang dapat dilakukan seperti

Tentu makanan-makan di atas tak selalu menyebabkan migrain pada kebanyakan orang, tetapi beberapa orang juga kemungkinan mengalami migrain setelah mengkonsumsi makanan-makanan tersebut.

Pemicunya tak hanya makanan tetapi juga disebabkan oleh pemicu lainnya. Penting untuk mengetahui makanan apa yang dapat menyebabkan migrain, sehingga Anda dapat menhindari atau mencegahnya secara dini.

Topik Menarik