Astagfirullah! Emak-Emak Senam Joget di Pelataran Masjid, Tuai Kecaman Publik

Astagfirullah! Emak-Emak Senam Joget di Pelataran Masjid, Tuai Kecaman Publik

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 21 Agustus 2022 - 10:19
share

Belakangan media sosial dihebohkan dengan beredarnya video yang memperlihatkan sekelompok emak-emak asyik senam joget di pelataran masjid .

Peristiwa itu diketahui terjadi di Masjid Besar Kamalul Yaqin, Kecamatan Mandalle, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan.

Dalam video yang viral, tampak sekelompok emak-emak melakukan senam joged di area masjid. Mereka asyik bergoyang mengikuti alunan musik.

Para emak-emak itu juga terlihat mengenakan pakaian senam normal. Sementara instruktur mengenakan celana pendek.

Emak-emak senam joged di pelataran masjid (Instagram/@kabarnegri)

Hal ini lantas dinilai Ketua MUI Pangkep, Abubakar Safa sebagai aksi yang tidak beretika.
Emak-emak itu dianggap tidak menghargai tempat peribadatan umat Islam.

Aksi senam ini merusak citra Pengurus Masjid dan termasuk pelecehan terhadap tempat ibadah milik ummat Islam. Saya sempat lihat videonya dan langsung hubungi Pengurus Masjid dan dia juga kaget karena tiba-tiba ada kegiatan senam di pelataran Masjid, kata Abubakar, seperti yang dikutip dari unggahan di akun Instagram @kabarnegri.

Abubakar juga melanjutkan, pengurus masjid hanya memberikan izin untuk perlombaan dalam rangka HUT RI, bukan untuk kegiatan senam.
Sehingga emak-emak tersebut telah melakukan kegiatan tanpa izin.

Tetapi izin itu sama sekali bukan untuk kegiatan senam. Melainkan lomba permainan, sambungnya.

Sontak aksi itu pun mendapat komentar pedas dari warganet. Mereka sangat mengecam kegiatan senam joget yang dilakukan emak-emak tersebut.

Hancur x lah akal pikiran org ni kutengok, kata @agusanaspohan17.

Astaghfirullah, ya Alloh abdi sakitu akhlak can bener, teu wani, sambung @kabar_bandungraya.

TAMBAH GEDE TAMBAH GOBLOK, timpal @heristwan.

Permohonan maaf

Pasca videonya viral, lima orang perwakilan komunitas senam ternyata mendatangi Kantor Camat Mandalle untuk menyampaikan permohonan maaf.

Para emak-emak itu minta difasilitasi untuk menyampaikan permohonan maaf kepada umat Islam atas tindakannya melakukan aksi senam di pelataran masjid dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke 77.

Menurut Kapolsek Mandalle, AKP Markarma Saleh, kegiatan tersebut berawal ketika warga menggunakan pelataran masjid untuk menggelar lomba HUT RI sesudah dzuhur.

Namun setelah Ashar dilanjutkan dengan senam bersama dengan melibatkan peserta dari BKMT Kecamatan Mandalle, Kelompok lansia, Staf Puskesmas Mandalle, Staf Desa dan Sanggar SGW serta sanggar dari Kabupaten Pangkep.

Adapun peserta senam sanggar di luar dari Kecamatan Mandalle. Mereka datang untuk memeriahkan HUT Proklamasi RI Ke 77. Tetapi para komunitas senam tiba-tiba datang tanpa diundang dan melakukan aksi senam joged yang viral.

Artikel Menarik Lainnya:

Topik Menarik