Mentan Sarankan Bagian Hewan Kurban Ini Jangan Dikonsumsi dan Segera Kubur

Mentan Sarankan Bagian Hewan Kurban Ini Jangan Dikonsumsi dan Segera Kubur

Gaya Hidup | BuddyKu | Sabtu, 9 Juli 2022 - 13:18
share

JAKARTA - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo merekomendasikan supaya beberapa bagian hewan kurban tidak dikonsumsi. Bagian tersebut disarankan untuk dikubur.

Tujuannya memutus rantai penyebaran virus PMK (penyakit mulut dan kuku).

Namun Mentan mengatakan belum ada penelitian yang mengatakan bahwa virus PMK bisa menular kepada manusia. Sehingga dagingnya masih bisa dikonsumsi.

"PMK tidak berbahaya bagi manusia, yang terkena PMK masih bisa dimakan. Yang tidak bisa dimakan, jeroan, bagian mulut, kakinya, tapi daging yang lain-lain ini masih bisa," ujar Mentan dalam sosialisasi penanganan PMK secara virtual, Sabtu (9/7/2022).

Lebih lanjut Mentan menyarankan agar beberapa bagian pada tubuh hewan ternak yang besok akan di sembelih sebaiknya dikuburkan, dan tidak diberikan kepada masyarakat.

Hal tersebut bertujuan untuk menghentikan penyebaran covid 19, karena meskipun tidak berdampak pada manusia, namun ketika sebarannya meluas, bakal merugikan banyak petani.

"Yang kita tanam adalah jeroannya, mungkin kakinya, kenapa karena agar supaya virus PMK yang ada di hewan, tidak terbawa ke hewan lain," sambungnya.

Topik Menarik