Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Perlukah Vaksin Dosis Keempat?

Kasus Covid-19 Kembali Meningkat, Perlukah Vaksin Dosis Keempat?

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 4 Juli 2022 - 21:06
share

JAKARTA, celebrities.id - Kasus Covid-19 di Indonesia kembali meningkat. Tak heran saat ini muncul pertanyaan apakah vaksin dosis keempat dibutuhkan untuk melindungi diri dari Covid-19?

Menurut Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Adib Khumaidi, SpOT bahwa capaian vaksinasi dosis ketiga atau booster diutamakan. Saat ini capaian vaksinasi booster masih rendah yaitu berada di angka 24 persen.

"Kalo pada prinsipnya kami akan mendorong target vaksinasi booster untuk masyarakat terlebih dahulu. Karena kita tahu masih 24 persen. Ini per satu Minggu yang lalu," ujar Dr Adib di Acara Konferensi Asosiasi Dokter Medis Sedunia, Senin (4/7/2022)

Vaksin diketahui sebagai perlindungan, untuk meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh di tengah pandemi Covid-19. Dia pun menegaskan bahwa IDI belum mendorong untuk vaksinasi keempat. Namun, mengingatkan bahwa vaksinasi di tengah pandemi, memberikan dampak baik. Sehingga masyarakat bisa melakukan booster, agar capaian vaksinasi segera tercapai.

"Ini masih perlu kita lakukan, jadi kami akan tetap mendorong. Teman-teman kami pun bukan dalam kaitan mendapat booster atau vaksin keempat ya. Tapi kita mendorong vaksinasi untuk masyarakat yang vaksin booster ini betul betul bisa tercapai," katanya.

Sekadar informasi, capaian vaksinasi booster sendiri, baru hanya ada satu provinsi di atas 50 persen yaitu Bali. Sementara, untuk cakupan vaksinasi di atas 40 persen yaitu DKI Jakarta dan Kepulauan Riau. Kemudian, cakupan vaksinasi yang di atas 30 persen yaitu DIY, Jawa Barat, dan Kalimantan Timur.

"Selain itu 28 dari 34 provinsi masih dibawah 30 persen, hanya Bali yang sudah sampai 50 persen," kata Ketua Tim Pakar dan Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Nasional, Prof Wiku Adisasmito dalam Konferensi Pers Update Covid-19, dikutip Sabtu 2 Juli 2022.

Topik Menarik