Bangkai Kapal Terdalam di Dunia, Kapal Perang Dunia II AS Ditemukan 7.000 Meter di Bawah Permukaan Laut Filipina

Bangkai Kapal Terdalam di Dunia, Kapal Perang Dunia II AS Ditemukan 7.000 Meter di Bawah Permukaan Laut Filipina

Gaya Hidup | BuddyKu | Minggu, 26 Juni 2022 - 17:03
share

MANILA - Tim eksplorasi Amerika Serikat (AS) mengatakan sebuah kapal perusak angkatan laut AS yang tenggelam selama Perang Dunia II telah ditemukan hampir 7.000 meter di bawah permukaan laut di lepas pantai Filipina . Ini menjadikannya kapal karam terdalam di dunia yang pernah ditemukan.

USS Samuel B Roberts jatuh selama pertempuran di lepas pantai tengah pulau Samar pada 25 Oktober 1944 ketika pasukan AS berjuang untuk membebaskan Filipina - yang saat itu merupakan koloni AS - dari pendudukan Jepang.

Perusahaan teknologi bawah laut yang berbasis di Texas, Caladan Oceanic mengatakan sebuah kapal selam berawak memfilmkan, memotret dan mengamati lambung kapal "Sammy B" yang rusak selama serangkaian penyelaman selama delapan hari bulan ini.

Gambar menunjukkan peluncur torpedo tiga tabung kapal dan mount senjata.

"Beristirahat di 6.895 meter, sekarang menjadi kapal karam terdalam yang pernah ditemukan dan disurvei," cuit pendiri Caladan Oceanic, Victor Vescovo, yang mengemudikan kapal selam itu.

"Kapal kecil ini menghadapi Angkatan Laut Jepang yang terbaik, melawan mereka sampai akhir," lanjutnya.

Menurut catatan Angkatan Laut AS, kru Sammy B "mengambang selama hampir tiga hari menunggu penyelamatan, dengan banyak korban tewas akibat luka dan serangan hiu". Dari 224 awak, 89 meninggal.

Topik Menarik