6 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju yang Tidak Anda Sadari

6 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju yang Tidak Anda Sadari

Gaya Hidup | BuddyKu | Kamis, 23 Juni 2022 - 09:57
share

IDXChannel - Enam cara memulai bisnis online shop baju ini bisa menambah penghasilan Anda. Karena itu, ada baiknya Anda membaca artikel ini sampai habis.

Seperti diketahui untuk mengembangkan usaha Anda diperlukan beberapa langkah, tidak terkecuali cara memulai bisnis online shop baju. Pencarian modal hingga strategi marketing pun perlu dilakukan.

Lalu apa saja cara memulai bisnis online shop baju yang bisa membantu Anda? Yuk intip penjelasannya.

1. Modal Usaha

Tentunya sebelum memulai online shop baju anda harus memerlukan modal yang ingin dikeluarkan. Meski demikian, berjualan melalui sistem online jauh lebih murah dibandingkan harus membuka toko.

Sebab, selain tak perlu membeli atau menyewa anda juga tak perlu membayar penjaga toko. Hanya saja untuk membantunya, anda perlu menghitung biaya penunjang bisnis online, seperti kuota internet, gadget, packing, dan biaya promosi agar online shop baju anda nanti bisa dikenal lebih luas lagi.

2. Mencari Produsen

Tips kedua memulai online shop baju anda wajib mencari produsen atau supplier yang menawarkan harga paling terjangkau namun dengan kualitas baik. Karena itu anda membutuhkan riset atau langsung mencarinya lewat internet.

Bisa juga anda bisa langsung melihat dan mencari produk baju yang akan kamu jual nantinya. Sementar bila ingin untungnya makin banyak, bisa juga mencari supplier tangan pertama dengan mendatangi langsung ke pabriknya.

Sekarang sudah banyak lho karya anak bangsa yang diakui internasional, termasuk baju lokal dengan kualitas jempolan.

3. Percantik medsos toko dengan konsep unik

Bila anda ingin menjual di media sosial, ada baiknya anda menjualnya melalui beberapa media sosial seperti Instagram, Twitter, maupun Facebook. Selain itu, anda juga wajib membuat akun toko anda tersendiri.

Untuk menambah produk lebih menarik, ada baiknya tampilkan logo dan feed eye-catching agar nantinya pelanggan anda semakin tertarik dan melirik produk di toko anda. Untuk melakukan itu, anda bisa melakukan melalui aplikasi seperti Canva atau Logo Maker.

4. Tentukan Target Pasar

Setelah memulai online shop baju pada langkah pertama, ada baiknya anda mencoba menjualnya melalui beberapa marketplace yang kini sudah banyak bertebaran. Berbelanja di marketplace dinilai lebih mudah dan hemat. Apalagi sudah banyak bekerja sama dengan ekspedisi untuk ongkos kirim yang lebih murah.

6 Cara Memulai Bisnis Online Shop Baju yang Tidak Anda Sadari. (foto : MNC Media)

Selain itu, cobalah untuk memanfaatkan berbagai forum atau komunitas jual beli yang disesuaikan oleh jenis atau model baju. Misalnya jika menjual baju dan perlengkapan bayi, kamu bisa masuk ke forum ibu-ibu muda.

5. Foto produk

Langkah selanjutnya memulai online shop baju, anda memerlukan foto produk sehingga terlihat menarik dan sesuai dengan apa yang ditawarkan. Hal tersebut akan membantu membangun kredibilitas toko semakin baik dan dipercaya oleh calon konsumen.

Anda bisa menggunakan background dengan pilihan warna dan model untuk membantu tampilan produk semakin menarik.

6. Pelajari strategi word of mouth

Dalam dunia perdagangan ada banyak strategi yang bisa dijalankan. Salah satunya adalah word of mouth . Menurut George Silverman pada bukunya berjudul The Secret of WOM Marketing , komunikasi WOM bisa berupa percakapan atau testimonial seperti mengobrol langsung, telepon, atau sarana komunikasi lain.

Hal yang menguntungkan dari strategi ini adalah tidak membutuhkan banyak biaya dan dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap produk baju yang nantinya akan kamu tawarkan.

Itulah beberapa tips menarik memulai online shop menjual baju. Tertarik untuk mencobanya? Semoga artikel ini berguna bagi Anda.

Topik Menarik