Muncul Varian BA.4 dan BA.5 di Jakarta, Wagub Ariza Imbau Masyarakat Tetap Disiplin Prokes

Muncul Varian BA.4 dan BA.5 di Jakarta, Wagub Ariza Imbau Masyarakat Tetap Disiplin Prokes

Gaya Hidup | BuddyKu | Senin, 13 Juni 2022 - 13:12
share

IDXChannel - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria meminta seluruh warga untuk vaksin dan tetap disiplin protokol kesehatan (prokes) di mana pun berada meski ada pelonggaran penggunaan masker di ruang terbuka. Hal itu seiring munculnya kasus sub varian Omicron yaitu BA.4 dan BA.5 di Indonesia khususnya Jakarta.

"Jadi upaya pencegahan sudah dilakukan bersama kemenkes prinsipnya Pemprov sudah menyiapkan sarana prasarana tenaga kesehatan sosialisasi, tapi semua itu yang lebih penting keasadaran warga itu sendiri, betapa baiknya fasilitas, tenaga kesehatan yang kami siapkan semua berpulang kepada kita seluruh warga untuk disiplin," kata Ariza sapaan akrabnya kepada awak media di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (13/6/2022).

Ariza meminta penyelenggara event baik konser maupun event lainnya yang berpotensi kerumunan untuk memperketat prokes.

"Saat ini sudah memungkinkan ada kegiatan konser dan sebagainya kami minta panitia penyelenggara tetap prokes, setidaknya harus vaksin, ada PeduliLindungi jadi semua protap akan ditingkatkan," ujarnya.

Sebelumnya, perkembangan kasus varian baru BA.4 dan BA.5 di Indonesia telah terdeteksi sejak Januari 2022. Ditemukan empat kasus lokal dari Jakarta, hal tersebut disampaikan oleh Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Erlina Burhan, SpP(K) hari ini (12/6).

Dalam paparannya, dr Erlina mengatakan jika dari jumlah kasus yang terdeteksi 8, keempat kasus asal Indonesia itu, salah satunya mengalami gejala berat. Diketahui belum melakukan vaksin dosis ketiga atau booster.

"Ini satu-satunya (pasien) mengalami gejala lebih berat. Ada batuk, sesak napas, sakit kepala, lemah, mual, muntah, nyeri abdomen," ujar dr Erlina dalam webinar daring, Minggu (12/6/2022).

(NDA)

Topik Menarik